Masih Terbuka Lebar, Ini Tiga Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta – Timnas Indonesia untuk pertama kalinya lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Hasil itu didapat usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion GBK Selasa, 11 Juni 2024.

Jens Raven Gagal Cetak Hattrick Demi Arkhan Kaka, Indra Sjafri: Dia Tidak Egois

Indonesia lolos ke putaran ketiga dengan status sebagai runner-up Grup F dengan 10 poin, di bawah Irak yang mengoleksi 15 poin.

Menariknya Indonesia menjadi satu-satunya tim dari Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus mengunci satu tiket Piala Asia 2027.

Pelatih Timor Leste Jagokan Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19

Timnas Indonesia Vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Di putaran ketiga yang akan dimulai pada September 2024 mendatang, 18 tim yang lolos akan dibagi ke dalam tiga grup. Masing-masing grup bakal dihuni oleh enam tim.

Jens Raven Ingin Disamakan dengan Robert Lewandowski atau Harry Kane

Melalui drawing yang bakal dilakukan pada 27 Juni 2024 mendatang di Malaysia. Timnas Indonesia kemungkinan besar bakal bertemu dengan tim-tim kuat seperti Australia, Jepang dan Korea Selatan.

Kendati berjumpa tim besar, setidaknya peluang Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026 masih terbuka lebar. Sedikitnya ada tiga skenario untuk mewujudkan mimpi tersebut.

1. Jadi juara grup atau runner-up putaran ketiga

Jika anak-anak asuh Shin Tae yong tampil baik di putaran ketiga dan finis di posisi pertama atau sebagai runner-up, maka Timnas Indonesia akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026.

Namun, jika finis di posisi ketiga atau keempat, Tim Merah Putih masih harus melakoni pertandingan di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Adapun, jika Indonesia finis di posisi kelima atau keenam, harapan untuk bermain di Piala Dunia 2026 harus terhenti.

Suporter Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

2.  Juara grup putaran keempat

Putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan diikuti sebanyak enam tim. Keenam tim ini merupakan mereka yang finis di posisi ketiga dan keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dalam putaran keempat, enam tim akan dibagi menjadi dua grup yang diisi masing-masing tiga negara. Jika Indonesia berhasil menjadi juara grup di sini, maka akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Namun, jika skuad Garuda hanya finis di posisi kedua grup maka harus mengikuti putaran kelima. Di sisi lain jika Riski Ridho cs hanya nongkrong di posisi ketiga, maka akan tersingkir.

3.  Putaran kelima

Putaran kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia hanya akan diisi oleh dua tim. Kedua tim tersebut adalah mereka yang finis di posisi kedua pada putaran keempat.

Suporter Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jika Indonesia sampai di tahap ini, maka kemenangan adalah hal wajib untuk bermain di Piala Dunia 2026. Pertandingan di putaran kelima akan dilaksanakan secara home dan away.

Jika Timnas Indonesia menang, Thom Haye dan kawan-kawan bakal berkesempatan melakoni babak playoff Piala Dunia 2026 melawan tim dari konfederasi lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya