Sempat Dilempar Telur Busuk, Shin Tae-yong Disambut Berbeda di Korea Selatan karena Timnas Indonesia

Shin Tae-yong
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pernah dilempar telur busuk dan guling di Bandara oleh penggemar sepakbola negaranya Korea Selatan. Para penggemar kecewa karena dia gagal membawa Timnas Korea Selatan lolos fase grup Piala Dunia 2018 di Rusia.

Jokowi Berikan Golden Visa ke Shin Tae-yong

Enam tahun kemudian, Shin Tae-yong disambut berbeda saat kembali ke Tanah Airnya. Pelatih 53 tahun itu kembali ke Korea Selatan usai tugas internasionalnya bersama Timnas Indonesia memasuki jeda.

Setibanya di Korea STY langsung merasakan momen yang sebelumnya jarang ia rasakan. Momen yang dimaksud adalah saat STY disambut oleh media Korea setibanya di bandara Incheon.  

Maarten Paes Turun Jadi Pemain Pengganti, MLS All Star Kalah Telak

Hal itu tak lepas dari keberhasilannya meloloskan Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Itu adalah prestasi yang begitu luar biasa bagi timnas. Sebelumnya Indonesia belum pernah merasakannya di era sepakbola moderan.

Atas prestasi itulah nama Shin Tae-yong semakin cemerlang dan sering menghiasi berita-berita di tanah air. Apalagi dia juga mampu membawa Timnas Indonesia melenggang hingga semifinal Piala Asia U-23 2024 lalu.

Gagal Hattrick Demi Arkhan Kaka, Jens Raven: Supaya Dia Percaya Diri

Shin Tae-yong kini semakin menjadi perhatian bagi media Korea media.  Salah satunya adalah Naver Sports yang beberapa waktu lalu membuat ulasan khusus soal kesuksesan STY bersama Timnas Indonesia. 

Bahkan Naver sampai membanding-bandingkan pencapaian STY dengan pelatih asal Korea lain yang melatih tim ASEAN seperti Kim Sang-sik dan Kim Pan-gon. Setelah membuat artikel tentang STY media Korea tampak belum puas, terbaru ada salah satu media Korea yang rela menunggu Shin tiba di Korea.  


Shin Tae-yong pun menceritakan soal kesuksesannya membawa Indonesia lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia.  

“Kami sebenarnya sudah melewati babak kualifikasi kedua yang sulit, mengenai lolosnya kami ke babak ketiga saya juga sangat senang,” kata STY kepada awak media di bandara Incheon. 

“Semua orang bahagia termasuk masyarakat, penggemar sepak bola, Presiden RI, dan Presiden PSSI bahagia,” ujarnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya