Penalti 'Aneh' Bantu SFC Kalahkan PSM

Keith Kayamba Gumbs
Sumber :
  • photobucket

VIVAnews - Sriwijaya FC berhasil mengalahkan PSM Makassar 2-1 dalam laga Liga Super Indonesia (ISL) 2009/2010, Minggu, 16 Oktober 2010. Penalti 'aneh' ikut andil dalam kemenangan SFC kali ini.

Bertanding di Stadion Jakabaring, Palembang, SFC tampil mendominasi di babak pertama. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan pasukan Ivan Kolev sejak pluit dibunyikan oleh wasit Jimmy Napitupulu.

Pendukung SFC akhirnya bersorak saat Jimmy menunjuk titik putih pada menit ke-18. SFC mendapat hadiah penalti setelah laju Mahyadi Panggabean dihentikan dengan tackling oleh pemain belakang PSM.

Namun keputusan ini terbilang aneh. Pasalnya, dalam tayangan ulang yang disiarkan oleh ANTV terlihat pelanggaran yang menimpa Mahyadi justru terjadi di luar kotak penalti.

Jimmy bergeming meski pemain-pemain PSM melancarkan protes. Ponaryo Astaman pun maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugasnya meski sempat ditepis oleh kiper PSM, Denny Marcell.

Skor berubah menjadi 1-0 untuk SFC.

Pada menit ke-29, SFC menggandakan keunggulannya lewat kaki Park Jung Hwan. Sontekannya memanfaatkan umpan terukur Mahyadi Panggabean tak mampu dibendung oleh kiper PSM, Denny Marcel.

Di babak kedua, SFC masih bermain terbuka. Namun kali ini tim tamu PSM mulai berani mengimbangi gempuran-gempuran Laskar Wong Kito.

Pada menit ke-72, striker Andi Odang bahkan  berhasil merobek jala SFC. Memanfaatkan umpan lemparan ke dalam, Andi berhasil mengecoh dua bek SFC sebelum menaklukkan kiper Laskar Wong Kito Fauzal Mubaroq.

Skor berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan tuan rumah.

Andi Odang sebenarnya berpeluang menyamakan kedudukan pada menit ke-76. Sayang tendangannya masih melebar tipis di sisi kanan gawang SFC.

Tak ingin kemenangan di depan mata hilang, pelatih SFC Ivan Kolev pun mencoba menambah kekuatan barisan pertahanannya. Pada menit ke-77,  Kolev pun menggantikan Park Jung Hwan dengan Ardiles Rumbiak.

SFC nyaris menambah gol pada menit ke-83 saat Mahyadi Panggabean sukses menyodorkan bola ke kaki Keith Kayamba Gumbs yang lolos dari pengawalan. Kayamba pun tinggal berhadapan dengan kiper.

Namun peluang emas tersebut terbuang percuma saat tendangan Kayamba tidak menememui sasaran. Bola masih melebar dan menghasilkan tendangan gawang bagi tim lawan, Juku Eja.

Pemain SFC lainnya, Supardi juga punya peluang untuk mencetak gol di menit ke-89. Namun kontrol bola yang tidak sempurna membuat bola berhasil diserobot oleh pemain belakang lawan.

Skor 2-1 tetap bertahan hingga pertandingan usai.

Ini merupakan kemenangan perdana bagi SFC. Sebelumnya, Laskar Wong Kito mengantongi dua kekalahan. Sebaliknya, ini adalah kekalahan perdana PSM setelah tak terkalahkan pada  dua laga sebelumnya. (sj)

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife
Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024