Peserta Liga Pendidikan Naik 600 Persen

Pra Piala Asia U-19: Syamsir Alam
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Memasuki musim keduanya, jumlah peserta Liga Pendidikan Indonesia (LPI) meningkat pesat. Sayangnya, gaung liga yang memperebutkan Piala Presiden ini belum berjalan sesuai yang diharapkan.

Musim ini, jumlah peserta LPI meningkat 600 persen dibanding tahun lalu. Saat ini, sebanyak 240 kabupaten/kota telah ikut berpartisipasi pada liga para pelajar se Indonesia ini.

Dari 240 kabupaten/kotamadya yang ikut berpartisipasi, 359 tim berasal dari SLTA dan 231 tim berasal dari SLTP. Sejak digulirkan 7 November 2010 lalu, sudah 7 kabupaten/otamadya yang sudah melaksanakan kompetisi.

"Idealnya, ada 300 kontestan dari setiap kabupaten/kota. Namun, saat ini peningkatan jumlah kontestan sangat besar sekali," kata Edy Prasetyo, sekretaris LPI kepada wartawan, kemarin.

Tak hanya itu, jebolan LPI juga sudah mulai dilirik PSSI. Desember lalu, setidaknya 9 pemain yang berlaga di LPI musim lalu telah dipanggil untuk mengikuti seleksi tim yang akan berangkat ke Uruguay.

Mereka adalah Apriono, Artazola, Fandi Ahmad, Ahmad Sulekhan, Wawan Febrianto, Wildan Caracas, Ferry Bayu, Untung Wibowo dan Dimas Prabowo. Kesembilan pemain ini berasal dari SLTA yang tampil musim lalu.

Meski tergolong sukses dari jumlah peserta, pengelola LPI mengaku masih memiliki berbagai kendala. Salah satu yang terbesar adalah masalah sosialisasi kegiatan ini yang dianggap masih sangat minim.

"Terus terang, gaung dari LPI ini belum sesuai harapan. Masih banyak kekurangan dan kami akan terus berupaya membenahinya," kata Edi.

Ketua LPI, Toho Cholik Mutohir menilai butuh bantuan media untuk membesarkan LPI. Karena itu, Toho pun berniat untuk menjalin kerjasama dengan berbagai media yang ada di Indonesia.

"Saya akan merapatkan hal ini terlebih dulu karena gaung dan pencitraan LPI sangat penting. Idealnya, memang harus ada kerjasama dengan media, namun hal itu tentu saja membutuhkan dana," pungkasnya.

Tim-tim yang berada di kabupaten/kota akan bertanding hingga April 2011. Menyusul persaingan di tingkat provinsi pada Mei 2011. Sedangkan partai puncak tingkat nasional diharapkan sudah bisa digelar Juni-Juli 2011.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien
Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024