Tekuk Yamaha, IFA Juara Piala Menpora U-14

Piala Menpora 2011
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Indonesia Football Academy (IFA) tampil sebagai juara Invitasi Kelompok Umur Piala Menpora U-14. Di babak final, Jumat, 21 Januari 2011, IFA mengalahkan Yamaha Selection dengan skor tipis 1-0.

Bertanding di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, IFA lebih mendominasi jalannya pertandingan. Permainan bola-bola pendek Rizky Syawaludin cs mampu merepotkan barisan pertahanan lawan.

Pada menit ke-25, Ichsan Hari Kurniawan berhasil membobol gawang Yamaha Selection yang dikawal Andy Prayoga. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Yamaha, Ichsan berhasil menaklukkan Andy.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, IFA masih mendominasi jalannya pertandingan. Sedangkan, Yamaha Selection yang mencoba mengejar ketertinggalannya justru  banyak melakukan kesalahan sendiri.

Petaka justru menimpa Yamaha Selection pada menit ke-59. Pelanggaran yang dilakukan oleh Imam Gazali Rustam kepada Indra Kelana Nasution di dalam kotak terlarang timnya berbuah penalti bagi tim IFA.

Tak hanya itu, Imam juga diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua. Beruntung, Bagas Adi Nugroho yang tampil sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya masih melebar dari sasaran.

Bermain dengan 10 pemain, Yamaha semakin sulit mengejar ketertinggalannya. Hingga laga usai, IFA pun tetap unggul dengan skor 1-0.

"Ini adalah Piala Menpora I. Adalah kewajiban untuk menggelar Piala Menpira II, III, dan seterusnya," kata Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Wafid Muharam kepada wartawan usai pertandingan.

Menurut Wafid, turnamen Piala Menpora selanjutnya tak hanya melibatkan pemain-pemain U-14 saja. Lebih jauh lagi, turnamen juga akan digelar untuk pemain-pemain U-16 maupun U-18.

"Pertandingan juga tidak akan digelar di Jakarta lagi. Tahun depan turnamen ini kemungkinan besar akan digelar di Hambalang, Bogor. Saat ini sedang membangun pusat pelatihan di sana," pungkas Wafid.

Sementara itu, sang juara IFA berhak atas uang pembinaan sebesar Rp50 juta. Sedangkan Yamaha Selection yang tampil sebagai runner up mendapat uang pembinaan sebesar Rp35 juta.

Peringkat ketiga sendiri ditempati oleh Maluku Utara yang berhak atas hadiah Rp15 juta. Sedangkan tim fair play jatuh ke tangan tim Asiop Apacinti dan berhak atas uang pembinaan sebesar Rp10 juta.

Dua pemain Maluku Utara juga sukses meraih penghargaan individual. Pertama adalah Mahdi Albar yang tampil sebagai top scorer dengan koleksi 13 gol dan Surahman Salim sebagai pemain terbaik.

Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024