Persipura Gagal Jinakkan Persiwa

Persiwa Wamena
Sumber :
  • Adi Sesotya/GOSport

VIVAnews - Pimpinan klasemen sementara Liga Super Indonesia (ISL) Persipura Jayapura gagal menjinakkan Persiwa Wamena. Derby Papua ini berakhir imbang.

Bermain dalam atmosfer yang panas dan tegang di hadapan puluhan ribu penonton, Derby Papua di Stadion Mandala Jayapura, Selasa 25 Januari, berlangsung menarik. Kedua tim memperagakan permainan terbuka dan saling menyerang.

Sebelum pertandingan, polisi sempat mengeluarkan sejumlah tembakan ke udara. Itu karena ratusan suporter Persiwa yang diangkut 15 truk merangsek masuk ke dalam stadion tanpa tiket. Petugas mengeluarkan tembakan setelah baku dorong dengan suporter Persiwa.

Persipura yang bertindak sebagai tuan rumah begitu peluit berbunyi tanda dimulainya pertandingan, langsung mengambil inisiatif menyerang. Sejumlah peluang kemudian tercipta melalui Boaz Solossa, Ian Kabes dan Zah Rahan.  Namun, belum ada membuahkan gol.

Sebaliknya, Persiwa mencoba keluar dari tekanan dengan mengandalkan serangan balik. Usaha ini terbukti sangat efektif membuat barisan pertahanan Persipura yang dikomandani Hamka Hamzah kerepotan.

Menit 13, bek Persipura, Bio Pauline mengganjal keras Pieter Rumaropen di luar kotak 16 meter. Wasit kemudian memberikan tendangan bebas kepada Persiwa. Tendangan yang dieksekusi Erick Weeks Lewis berhasil menjebol gawang Persipura.

Tertinggal satu gol, tim Mutiara Hitam meningkatkan tempo pertandingan, dan terus menekan jantung pertahanan Persiwa. Cemerlangnya penampilan penjaga gawang Galih Firmansyah, membuat tidak satu pun peluang Persipura berbuah menjadi gol hingga turun minum. Persiwa masih unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, Persipura kembali mengambil inisiatif penyerangan dan terus menggempur pertahanan tim Badai Pegunungan. Sejumlah peluang kembali tercipta, namun baru di menit 69, Boaz Solossa berhasil menyamakan kedudukan 1-1. Skor ini bertahan hingga pertandingan berakhir.

Dengan hasil ini, Persipura masih bertahan di puncak klasemen sementara ISL dengan 26 poin dari 10 laga. Sedangkan  Persiwa naik ke posisi 5 dengan 15 poin dari 11 laga.

Laporan: Banjir Ambarita/Papua

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Telingaan Aruu khas Suku Dayak

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Suku Dayak, salah satu suku asli Kalimantan, menyimpan kekayaan budaya yang menarik untuk ditelusuri. Bukan hanya Tak hanya tarian hudoq dan kancet papatai yang terkenal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024