Alfred Riedl Terbantu YouTube

Alfred Riedl
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Informasi yang didapat Pelatih Timnas Pra Olimpiade, Alfred Riedl soal Turkmenistan benar-benar terbatas. Pelatih asal Austria itu hanya mengandalkan informasi seadanya yang diperoleh lewat internet.

Indonesia akan bertemu Turkmenistan di Pra-Olimpiade 2012 di Palembang, 23 Februari mendatang. Namun hingga saat ini, Riedl mengaku masih buta dengan kekuatan tim lawan.

Riedl juga mengaku tak bisa berbuat banyak. Pelatih asal Austria itu hanya akan mengandalkan sesi latihan yang telah dijalani timnya selama ini.

"Informasi yang kami dapatkan soal Turkmenistan hanya dari internet. Ini tentu saja tidak cukup. Namun apa yang bisa saya lakukan? Tak ada yang bisa saya lakukan," kata Riedl.

Situasi ini tentu berbeda saat Riedl menangani timnas senior pada Piala AFF 2010 lalu. Saat timnas memastikan lolos ke final, Riedl telah mengantongi kekuatan dan kelemahan calon lawan-lawan tim Merah Putih.

Riedl bahkan menyempatkan diri untuk melihat langsung tim lawan bertanding. Langkah Riedl juga dibantu oleh Direktur Teknik Badan Tim Nasional, Sutan Harhara.

"Kami akan memaksimalkan latihan yang dijalani para pemain. Kami juga mendapat sedikit gambaran permainan Turkmenistan dari YouTube saat mereka tampil di Asian Games Guangzhou," beber Riedl.

Minimnya informasiĀ  membuat Riedl kesulitan membedah kekuatan Turkmenistan. Mantan pelatih Vietnam itu bahkan belum mengantongi pemain-pemain yang pantas diwaspadai oleh para pemainnya.

Meski demikian Riedl tak ingin lempar handuk. Pelatih yang juga sempat menangani timnas Laos itu bahkan sudah menyiapkan sederet strategi untuk menghadapi Turkmenistan.

Pada latihan sore tadi, Riedl kembali mematangkan serangan dari sektor sayap. Riedl tak ragu mengandalkan sektor ini meski Turkmenistan memiliki pemain-pemain berpostur jangkung.

"Umpan silang tak hanya milik pemain jangkung. Banyak pemain bertubuh pendek yang bisa mencetak gol lewat umpan sayap," katanya.

"Umpan dari sayap juga tak selalu bola atas. Bisa juga umpan datar ke depan gawang yang berpotensi membahayakan pertahanan lawan."

Ditanya Soal Kebencian Chef Arnold, Begini Jawaban Codeblu
Calon presiden Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghadiri acara deklarasi Gema PS mendukung Prabowo-Gibran di Blitar, Jawa Timur, Minggu, 17 Desember 2023.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

Menteri ATR/BPN sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan hadir dalam penetapan presiden dan wakil presiden RI di KPU hari ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024