Soal LPI, PSSI Minta KONI Tentukan Sikap

Rita Subowo
Sumber :
  • Irvan Beka/VIVAnews

VIVAnews - PSSI akan menindaklanjuti instruksi FIFA terkait keberadaan Liga Primer Indonesia (LPI). PSSI selanjutnya akan membuka ruang diskusi terhadap ide-ide yang diusung oleh LPI.

Sikap ini disampaikan Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid usai bertemu dengan ketua umum Komite Olahraga Nasional (KON)/Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo di Kantor KON/KOI, Senayan, Jakarta, Jumat, 4 Maret 2011.

Menurut Nurdin, pihaknya harus mengambil tindakan tegas terhadap LPI. Pasalnya, FIFA melalui sidang Exco yang digelar 2-3 Maret 2011 mengancam akan menjatuhkan sanksi bila PSSI tidak menertibkan LPI.

Untuk menertibkan LPI, PSSI juga akan melibatkan KON/KOI. PSSI melalui Nurdin meminta agar lembaga yang dulu dikenal dengan KONI itu segera menentukan sikap terhadap LPI sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Kami meminta bantuan agar KONI mengambil sikap terhadap LPI sesuai peraturan yang terjadi. Karena kalau tidak, kita akan dibekukan," kata Nurdin kepada wartawan.

Nurdin menjelaskan, bahwa BOPI yang telah memberi izin LPI bukanlah anggota KON/KOI. BOPI juga bukan induk olahraga yang punya afiliasi dengan induk organisasi di tingkat nasional.

"Karena itu, tidak sesuai dengan undang-undang kalau LPI berada di bawah BOPI," kata Nurdin.

Lebih lanjut Nurdin mengatakan, PSSI akan membuka ruang untuk berdialog dengan LPI. Nurdin juga mengaku kalau  PSSI telah membalas surat LPI pada Januari lalu.

"Kita akan membuka ruang bagi ide-ide LPI. Saya juga telah berkomunikasi dengan LPI melalui pengagasnya Arifin Panigoro. Intinya kita akan membuka ruang diskusi," kata Nurdin.

"Namun kepada Ibu Rita tadi saya tegaskan kalau LPI tidak bisa langsung masuk bagian struktur PSSI. Itu tidak mungkin. Karena kita ada jenjang amatir, profesional dan itu ada aturannya," kata Nurdin.

KON/KOI sendiri berjanji akan membantu memfasilitasi antara PSSI dengan LPI maupun dengan pihak pemerintah dalam hal ini Menpora.

"KONI akan memfasilitasi apapun bentuknya. Yang penting berkaitan dengan rekomendasi FIFA yang telah diterima oleh PSSI," kata Rita Subowo.

Rita juga berharap masalah yang menimpa PSSI saat ini bisa segera mereda. Dengan demikian tercipta suasana yang kondusif jelang SEA Games 2011. (sj)

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Nathan Tjoe-A-On

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait Nathan Tjoe-A-On yang bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024