Firman: Rahmad Darmawan Cocok Melatih Timnas

Rahmad Darmawan
Sumber :
  • Haryo Setyaki/Antara

VIVAnews - Pemain senior Firman Utina menilai pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan cocok menangani tim nasional Indonesia senior yang akan berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2012.

Posisi pelatih kepala Timnas masih dipegang oleh Alfred Riedl. Tapi, Badan Tim Nasional (BTN) rencananya akan menunjuk satu asisten pelatih untuk mendampingi Timnas Merah Putih. Pasalnya, Riedl akan disibukkan dengan TC timnas U-23 untuk SEA Games.

Pelatih Persija, Rahmad Darmawan dan arsitek Persipura Jayapura, Jacksen Ferreira Tiago menjadi dua nama yang difavoritkan mengisi posisi asisten pelatih tersebut. Dan Firman menilai Rahmad cocok menangani Timnas.

"Coach RD (sapaan akrab Rahmad) sangat cocok. Tapi, menurut saya setiap pelatih seharusnya diberi kesempatan panjang. Selama ini setiap kegagalan, pelatih di suatu kompetisi selalu diganti. Kalau pelatih baru maka kita harus adaptasi lagi karena materinya baru," ujar Firman di sela acara peluncuran sepatu Nike Mercurial Vapor SuperFly III di Senayan City, Jakarta, Senin 21 Maret 2011.

Firman mengaku masih siap membela timnas Indonesia. Gelandang Sriwijaya FC ini juga menilai striker keturunan Belanda, Irfan Bachdim juga masih pantas membela timnas Merah Putih.

"Kalau masih dibutuhkan timnas Indonesia, saya siap. Semua pemain juga punya kesempatan membela timnas. Irfan juga masih pantas. Tapi, saya tidak bisa bilang siapa yang akan masuk timnas, karena saya sendiri juga belum tentu terpilih," kilah Firman.

Irfan sendiri mengaku masih yakin bisa membela timnas Indonesia. Meski ia sempat dicoret dari timnas Indonesia U-23.

"Saya optimistis kembali masuk timnas. Saya selalu optimistis dalam segala hal. Terima kasih untuk coach Riedl karena saya mendapat banyak pelajaran dari dia. Kalau mereka meminta saya kembali, saya siap. Karena keinginan saya ke Indonesia adalah membela timnas, tidak ada lainnya," papar Irfan.

Firman dan Irfan terpilih menjadi ikon Nike untuk produk sepatu Mercurial Vapor SuperFly III. Di sepakbola internasional, sepatu ini juga digunakan megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo dan Mesut Oezil.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis
VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024