KPPN Ikut Ramaikan Kongres PSSI

Saleh Ismail Mukadar
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martudji

VIVAnews - Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional (KPPN) sempat berniat membuat Kongres PSSI tandingan mulai unjuk aksi di Kongres PSSI yang digelar di Pekanbaru, Riau. Kongres ini bertujuan untuk memilih anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding.

Penggagas KPPN, Saleh Mukadar dan sekretarisnya Tuti Dau, terlihat hilir mudik di lokasi Kongres yang berada di Hotel Premiere, Pekanbaru. Saleh bahkan terlihat leluasa untuk memasuki ruang pendaftaran.

Saat ditemui wartawan, Saleh mengatakan bahwa 75 dari 87 anggotanya datang menghadiri Kongres PSSI. Namun, Saleh kecewa karena tidak seluruhnya berhasil melewati pendaftaran di meja panitia.

Dari 75 anggota KPPN yang hadir baru 49 yang sudah menyelesaikan proses registrasi. Sedangkan 20 lainnya masih bermasalah dan enam anggota justru tidak tercantum dalam daftar peserta Kongres PSSI.

"Kami inginnya biar semua jelas sebelum kongres mereka harus punya hak suara," kata Saleh yang didampingi Sekertaris KPPN Tuti Dau.

Saleh juga menjelaskan masalah yang dihadapi ke-20 anggotanya yang belum bisa mendaftar. "Ada yang punya mandat, tapi yang datang (ke Kongres) bukan Ketua Umum atau Sekretaris Umum," ujarnya.

"Ada juga yang punya hak tapi yang diakui malah nama lain. Masalahnya dua itu," sambung Saleh.

Legeenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Enam anggota KPPN yang tak terdaftar di meja panitia adalah Persigo Gorontalo, Persipuja, Gestra, PSPS Pekanbaru, dan Persikab Kabupaten Bandung. Saleh menilai keenam klub ini harusnya terdaftar karena sebelumnya ikut pada Kongres di Bali, Januari lalu.

Belum ada tanggapan dari pihak PSSI terkait permasalahan ini. Saat coba dihubungi untuk meminta konfirmasi, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Nugraha Besoes tidak mengangkat telepon selulernya.

Sebelumnya Nugraha mengaku pihaknya mengundang 100 anggota pemilik suara. Mereka terdiri atas 33 Pengurus Provinsi (Pengprov), 15 klub Liga Super Indonesia (ISL), 16 klub Divisi Utama, 14 klub Divisi Satu, 12 klub Divisi Dua, dan 10 klub Divisi Tiga.

Nugraha juga mengatakan PSSI tidak akan mempermasalahkan latar belakang peserta yang ikut dalam kongres. Anggota PSSI yang masuk KPPN atau forum lainnya sejauh masih anggota pemilik suara akan tetap diundang.

VIVA Militer: Prajurit TNI di basis OPM Paro

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Mereka terluka dari melarikan diri.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024