ICW: Menpora Harus Minta LPJ Nurdin Halid

Nurdin Halid
Sumber :
  • ANTARA/ Andika Wahyu

VIVAnews - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengapresiasi sikap pemerintah yang menghentikan anggaran bagi PSSI. Karena itu, Menpora Andi Mallarangeng diharapkan juga perlu meminta laporan pertanggungjawaban (LPJ) PSSI selama kepemimpinan Nurdin Halid.

"Jika itu dilakukan, ini akan menjadi bahan untuk menyelidiki adanya indikasi korupsi selama 8 tahun Nurdin menjabat, selain juga memang publik perlu tahu itu," kata Peneliti ICW, Apung Widadi, di sela-sela diskusi publik 'Mengkaji Kasus Dugaan Korupsi Nurdin Halid Antara Cek Pelawat dan Dana APBD," di Jakarta, Rabu, 30 Maret 2011.

Menpora, kata Apung, jelas memiliki kewenangan untuk menghentikan anggaran PSSI itu.  Kini yang menjadi pertanyaan adalah apakah Menpora berani mengobok-obok laporan pertanggungjawaban Nurdin selama menjabat.

ICW mengusulkan agar Menpora menggandeng KPK atau Polisi untuk melakukan penyelidikan benar tidaknya dugaan itu.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Seperti diketahui, keputusan menghentikan dana PSSI itu adalah satu dari 14 keputusan yang diambil pemerintah terkait kisruh yang melanda Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau, 26 Maret 2011 lalu.

Dalam siaran pers Senin 28 Maret Menpora menegaskan bahwa pemerintah tidak lagi mengakui kepengurusan Nurdin Halid di PSSI. Dia juga meminta agar pejabat pemerintah dari pusat hingga daerah dan juga Kepolisian Negara Republik Indonesia  tidak lagi memberikan pelayanan dan fasilitas kepada PSSI di bawah kepemimpinan Nurdin Halid. Keputusan itu, lanjutnya, semata-mata demi menyelamatkan PSSI

Mekanisme Sidang Sengketa Pileg 2024, MK Bagi 3 Panel Hakim

Nurdin Halid sendiri menuduh Menpora mengintervensi proses demokrasi yang sedang berjalan di PSSI. Nurdin Mengaku apa yang dilakukannya di PSSI, semata-mata mempertahankan independensi organisasi itu. Pembatalan Kongres di Pekanbaru, katanya, lebih karena pertimbangan keselamatan peserta Kongres yang terancam oleh sekelompok orang.

Soal dugaan korupsi di tubuh PSSI itu, Nurdin Halid pernah mendatangi Mabes Polri, 26 Januari 2011. Dia meminta Mabes Polri agar menyelidiki benar tidaknya korupsi di tubuh PSSI itu. (Selengkapnya soal dugaan korupsi itu baca di sini)

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng
Bule Amerika yang menganiaya pecalang di Bali ditangkap polisi

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Polisi menangkap dua turis asing berkewarganegaraan Amerika yang melakukan penganiayaan terhadap pecalang di Bali

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024