Nurdin: Saya Sempat Berniat Tidak Maju Lagi

Ketua Umum PSSI Nurdin Halid (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Nurdin Halid menyatakan belum memutuskan apakah akan maju dalam pencalonan ketua umum PSSI periode mendatang atau tidak. Sebab, saat ini dia masih berkukuh menunggu keputusan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

"Saya memang sempat berniat untuk tidak mencalonkan lagi dalam kongres mendatang. Tapi waktu itu sebelum terjadi kericuhan kongres di Pekanbaru. Tapi sekarang, keputusan saya tetap masih menunggu keputusan dari FIFA," kata Nurdin kepada VIVAnews.com.

Menurut Nurdin, keinginan untuk tidak mencalonkan lagi itu sudah dia sampaikan kepada mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Aburizal Bakrie. "Benar, saya memang sudah menyampaikan kepada Beliau (Kalla dan Aburizal). Tapi, sekali lagi, itu sebelum kongres diintervensi. Sekarang posisinya saya tetap karena demi mempertahankan martabat dan aturan di PSSI," jelas Nurdin.

Sebelumnya, Kalla menyatakan dia pernah berbicara dengan Nurdin soal kisruh PSSI yang terjadi belakangan ini. Salah satu isi pembicaraan itu, Nurdin mengaku kepada Kalla tidak akan maju lagi dalam pemilihan ketua umum PSSI periode mendatang.

"Sebenarnya, Nurdin Halid ngomong sama saya bahwa dia cenderung tidak ingin mencalonkan diri lagi," ujar Kalla akhir bulan lalu.

Kalla dan Nurdin sama-sama berasal dari Sulawesi Selatan. Kalla juga pernah menjadi petinggi PSM Makassar, seperti Nurdin. Menurut Kalla, kemelut PSSI bisa selesai bila saja kongres PSSI di Pekanbaru kemarin terselenggara dengan baik. "Sekiranya kongres di Pekanbaru teratur, selesai sudah," kata Kalla.

FIFA sejauh ini belum mengambil sikap terkait kemelut PSSI. Adapun pemerintah melalui Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, memutuskan tidak mengakui lagi pengurus PSSI di bawah pimpinan Nurdin Halid.

"Kebijakan ini diambil berdasarkan kewenangan Pemerintah yang terdapat pada Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 serta Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007. Kebijakan ini juga diambil demi menyelamatkan organisasi PSSI dan melindungi kepentingan persepakbolaan nasional," kata Menpora. (adi)

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut
Suzuki Nex II warna baru edisi 2024

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Suzuki Indonesia kembali menghadirkan penyegaran pada salah satu sepeda motor terpopulernya, Nex II.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024