Profil

Agum Gumelar dan Sepak Bola Nasional

Agum Gumelar
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - FIFA sebagai pemegang otoritas tertinggi sepakbola dunia secara resmi menunjuk Agum Gumelar sebagai Ketua Komite Normalisasi PSSI. Agum bukan nama baru dalam sepak bola tanah air. Dia lama mengurus bola dan pernah menjadi Ketua Umum PSSI.

Kala IHSG Anjlok, 'Dompet' Orang Terkaya RI Ini Justru Kian Tebal

Pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 17 Desember 1945 ini menempuh pendidikan SD hingga SMA di Kota Bandung. Setelah lulus SMA tahun 1964, Agum sempat kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran selama setahun. Namun Agum akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia militer.

Agum masuk Akademi Militer Nasional (AMN) di Magelang tahun 1968. Ia juga tercatat sebagai lulusan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad) tahun 1985 dan Sesko ABRI tahun 1991. Suami dari Menteri Pemberdayaan Wanita Linda Amaliasari ini juga memperoleh gelar Master of Science (MSc) dalam bidang Manajemen dari American University pada tahun 1998.

Dalam karier militernya, Agum pernah memegang jabatan penting. Bapak dua anak ini pernah menjabat sebagai Staf Ahli Pangab bidang Polkam (1996), Pangdam VII Wirabuana (1996-1998), Gubernur Lemhanas (1998) hingga menjabat beberapa kali sebagai Menteri Perhubungan.

Kini, kisruh di PSSI kembali menyeret Agum Gumelar ke ranah sepakbola, olahraga yang amat dicintainya. FIFA akhirnya menunjuk Agum sebagai ketua Komite Normalisasi. Komite beranggota delapan orang ini akan mengambil alih seluruh tugas Komite Eksekutif PSSI di bawah pimpinan Nurdin Halid.

FIFA menggariskan Komite Normalisasi bertugas untuk mengatur pelaksanaan pemilihan pengurus baru PSSI berlandaskan pada FIFA Electoral Code dan Statuta PSSI, paling lambat sebelum 21 Mei 2011.

Sepakbola memang bukan hal yang baru bagi Agum. Ayah Mertua dari pebulutangkis kondang Taufik Hidayat ini pernah menjabat sebagai Ketua Liga Amatir PSSI dan Ketua Liga Indonesia (1993-1995). Puncaknya, ia pernah menjadi Ketua Umum PSSI periode 1998-2003.

Namun seiring minimnya prestasi, Agum Gumelar dengan tegas tak ingin dicalonkan lagi dalam kongres PSSI 2003. Agum tak lantas lepas dari dunia olahraga. Agum akhirnya terpilih sebagai Ketua KONI periode 2003-2007. Saat ini, Agum juga tercatat sebagai Ketua Kehormatan PSSI.

Tangkapan kayar video viral pria bakar diri di Pinrang.

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

Viral sebuah video memperlihatkan seorang pria membakar diri di Jalan Teuku Umar, Kelurahan Pacongan, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024