Jusuf Rizal Ikut Bursa Ketua Umum PSSI

Jusuf Rizal
Sumber :
  • VIVAnews/Marco Tampubolon

VIVAnews - Sejumlah bakal calon ketua umum PSSI terus bermunculan menjelang dibukanya masa pendaftaran calon oleh Komite Normalisasi. Salah satunya adalah Presiden LIRA (Lumbung Informasi Rakyat), HM. Jusuf Rizal yang hari ini mendeklarasikan diri maju sebagai calon orang nomor satu di PSSI.

Jusuf mengungkapkan, niatnya maju dalam bursa pemilihan ini didasari atas keinginan membenahi sepakbola nasional agar lebih berprestasi. Salah satunya adalah melakukan tranformasi tata kelola klub sepakbola profesional Indonesia.

"Tahun 2012, APBD untuk klub mulai dihapus. Ada 500 klub yang selama ini hidupnya bergantung dari APBD. Cara mengatasinya adalah dengan transformasi tata kelola klub sepakbola" ujar Jusuf dalam Deklarasi di Senayan, Senin, 11 April 2011.

Dengan pengalamannya sebagai konsultan klub sepakbola, Jusuf mengaku akan mendorong kemampuan daya jual klub agar dapat hidup mandiri tanpa APBD, melainkan ditopang oleh sponsor.

Jusuf cukup optimis dirinya dapat lolos dalam seleksi bakal calon ketum PSSI. Ia mengaku  seluruh syarat dasar calon ketua bisa ia penuhi.

"Sesuai kriteria di statuta FIFA, usia calon harus lebih dari 30 tahun, pernah aktif di sepakbola selam 5 tahun dan  tidak pernah terlibat kriminal" ujar Jusuf.

Jusuf sendiri sempat masuk PSSI sebagai Direktur Promosi dan Marketing dalam kepengurusan Nurdin Halid. Kemudian menjadi Direktur Pembinaan Usia Muda.

Berapa dukungan yang telah dikumpulkan dirinya untuk pencalonan dirinya? "Sesuai syarat bahwa calon didukung minimal satu suara, jadi target saya untuk awal, cukup satu suara dukungan" ujarnya.

Ia tidak menyebutkan satu suara itu akan datang dari mana.

Sehari sebelumnya, Ketua Umum Persigo Gorontalo, Adhan Dambea telah ikut meramaikan bursa calon ketua umum PSSI periode 2011-2015. Selain Adhan, sebelumnya telah muncul beberapa nama yang ingin meramaikan bursa pencalonan, seperti Sutiyoso dan Everett Ernest Mangindaan.

Bursa pendaftaran bakal calon ketua umum mulai dibuka besok,  12 April 2011. Sedangkan Kongres PSSI dijadwalkan digelar 20 Mei 2011. (SJ)

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Shandy Aulia

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

Banyak selebriti Indonesia memiliki latar belakang keturunan bangsawan atau keturunan dari keluarga kerajaan. Para keturunan ini kerap disebut sebagai pewaris darah biru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024