Kemelut PSSI

Biar Dilarang FIFA, Komite Pemilihan Berkukuh

Sepp Blatter
Sumber :
  • BBC

VIVAnews - Wakil Ketua Komite Pemilihan yang dibentuk melalui 'kongres mendadak', Wisnu Wardhana, bersikukuh akan terus berjalan, terlepas dari apapun keputusan FIFA.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Selasa kemarin, 19 April 2011, Ketua Komite Normalisasi Agum Gumelar telah bertemu Presiden FIFA Sepp Blatter dan Direktur Asosiasi dan Pengembangan FIFA Thierry Regenass di Zurich, Swiss. Agum menegaskan FIFA memerintahkan Komite Normalisasi untuk berpegang pada surat keputusan FIFA tertanggal 4 April lalu.

Mengenai hasil kongres di Hotel Sultan, 4 April lalu, yang akhirnya membentuk Komite Pemilihan dan Komite Banding, Agum mengatakan hal tersebut baru akan diputuskan FIFA selambat-lambatnya Kamis besok. FIFA akan mengirim surat keputusan kepada PSSI.

Menanggapi hal tersebut, Wisnu menegaskan pihaknya akan tetap menjalankan tugas, termasuk jika FIFA tidak mengesahkan Komite Pemilihan dan Komite Banding hasil kongres di Hotel Sultan tersebut. Wisnu menilai kedua lembaga itu telah dibentuk sesuai aturan yang ada, yakni Statuta PSSI, Statuta FIFA, dan Standard Electoral Code FIFA.

"Komite Pemilihan akan tetap konsisten dengan fungsinya. Kami akan tetap berjalan apapun keputusan FIFA, karena pembentukan Komite Pemilihan ini sudah sesuai dengan aturan dan hukum yang ada. Komite Normalisasi yang dipercaya untuk menjalankan roda persepakbolaan di Indonesia dan bertindak sebagai Komite Eksekutif PSSI, juga menyetujui kongres tersebut, tidak ada paksaan," ujar Wisnu kepada VIVAnews, Rabu, 20 April 2011.

Wisnu menilai surat keputusan FIFA melalui Komite Darurat per tanggal 4 April yang memutuskan Komite Normalisasi juga otomatis bertindak sebagai Komite Pemilihan justru menyalahi aturan. Menurut Wisnu, Komite Pemilihan harus dibentuk melalui kongres sesuai Statuta FIFA.

Berbeda dengan Wisnu, Sekretaris Komite Pemilihan Hadiyandra belum bersedia menanggapi hasil pertemuan Agum dengan kedua petinggi FIFA tersebut. "Hasil pertemuan kemarin kan masih lisan. Kita tunggu saja keputusan resmi FIFA nanti," katanya. (kd)

Presiden Jokowi bertemu CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, 17/4

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

The Industry Minister, Agus Gumiwang Kartasasmita ensured that Apple's Chief Executive Officer (CEO), Tim Cook puts investment in Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024