Kelompok 78 Kini Tak Satu Suara

Kantor PSSI di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Hingga hari ini, mayoritas pemilik suara yang mengatasnamakan kelompok 78 terus mendesak Komite Pemilihan yang dipimpin Agum Gumelar agar dua kandidat, George Toisutta dan Arifin Panigoro dapat menjalani proses verifikasi. Namun ada juga anggota Kelompok 78 yang tak sepaham. 

"Kelompok 78 saya nilai wajar memperjuangkan Toisutta dan Panigoro. Tapi jika sikap ngotot ini membuat sepakbola Indonesia nanti dihukum, rasanya kita perlu berpikir secara jernih. Jangan bersikap emosional seperti ini" ujar Ujar Ketua Umum Bontang FC, Sofyan Hasdam di kantor PSSI, Rabu, 27 April 2011.

Sofyan sendiri mengklaim pihaknya, Bontang FC merupakan bagian dari kelompok 78 saat Kongres PSSI di Pekan Baru lalu. Sofyan menambahkan, tidak semua anggota kelompok 78 bersikap ngotot untuk tetap memperjuangkan Toisutta dan Panigoro.

"Kelompok 78 solid kalau Toisutta diperbolehkan maju. Tapi ketika FIFA memutuskan GT (George Toisutta) dan AP (Arifin Panigoro) tidak boleh, sebagian dari kelompok 78 sudah mempersiapkan calon alternatif masing-masing," tambah Sofyan.

Sofyan pun menyayangkan sikap sebagian dari kelompok 78 yang tetap bersikukuh memperjuangkan GT dan AP meski keputusan FIFA telah keluar. "Padahal dalam prakongres lalu (14 April), sudah disepakati oleh mereka untuk menunggu dan mentaati keputusan yang akan dikeluarkan oleh FIFA" ujar Sofyan. Namun kenyataannya, mereka tetap menentang.

Mengenai kepemimpinan Agum sebagai Ketua KN, Sofyan menilai Agum sudah berusaha bersikap demokratis menerima masukan dan saran dari pihak. "Pak Agum cukup demokratis. Beliau sejak awal berusaha mengakomodir berbagai masukan dan desakan. Dan sekarang pak Agum sampaikan kepada kita, bahwa FIFA telah memutuskan. Itu yang harus kita taati" tandas Sofyan.

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?
Chandrika Chika

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT (24), MJ (22), AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024