Ini Profil Singkat Kandidat PSSI-1

Sutiyoso
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Komite Normalisasi telah meloloskan 19 kandidat yang akan bertarung memperebutkan kursi PSSI-1 periode 2011-2015. Proses pemilihan akan digelar pada Kongres PSSI, 20 Mei 2011.

Pemilihan kali ini sepertinya akan berlangsung seru. Pasalnya, kandidat-kandidat yang maju memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Mulai dari mantan menteri, anggota DPR, pengusaha hingga walikota.

Tak hanya piawai di bidangnya masing-masing, sebagian bahkan punya pengalaman yang mumpuni di dunia sepakbola. Berikut adalah profil singkat beberapa kandidat kuat di pemilihan PSSI-1 nanti.


Erwin Aksa

Pria 33 tahun ini menjabat sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) yang terpilih medio Juli lalu. Erwin sejak lama dikenal sebagai seorang pengusaha. Saat ini, dia masih menjabat sebagai Presiden Direktur Bosowa Corporation.

Sejak remaja, Erwin juga telah berkecimpung dalam dunia olah raga, khususnya sepak bola. Salah satunya, klub sepak bola Makassar, PSM.
Erwin saat itu menjadi manager klub sepak bola profesional termuda di Indonesia, saat usianya masih 24 tahun. Erwin memimpin PSM, selama 4 musim sejak 1999-2003 dan mampu membawa PSM dua kali runner up Ligina.

Selain memimpin PSM, Erwin membawa perusahaan yang dipimpinnya, Semen Bosowa, menjadi sponsor utama sejumlah klub besar seperti PSM Makassar dan Persipura Jayapura. Semen Bosowa juga pernah mengelola Persim Maros yang berlaga di kompetisi Divisi 1 PSSI.

Sutiyoso

Sutiyoso adalah seorang politikus dan mantan tokoh militer Indonesia berbintang tiga. Berbagai jabatan militer pernah diemban oleh pria berusia 66 tahun ini, antara lain, Asisten Personil, Asisten Operasi, dan Wakil Komandan Jenderal Kopassus. Sosoknya mulai mencuat saat terpilih sebagai komandan resimen terbaik se-Indonesia ketika menjabat Kepala Staf Kodam Jaya pada 1994.

Prestasi yang digenggamnya itu kemudian ikut menghantarkannya pada jabatan Panglima Kodam Jaya.

Pria kelahiran Semarang, 6 Desember 1944 ini juga pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta selama dua periode, mulai 6 Oktober 1997 hingga 7 Oktober 2007. Jabatan lain yang dipegang oleh Sutiyoso ialah Ketua Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) periode 2004 - 2008. Ia juga terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia ) untuk masa bakti 2006 - 2011.

Di dunia sepakbola, Sutiyos juga bukan orang awam. Selama menjadi gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso juga menjadi pembina Persija Jakarta. Bersama Bang Yos, Persija pernah merebut juara Liga Indonesia VII, 2011.


Adhyaksa Dault


Nama Adhyaksa Dault tentu tidak asing bagi dunia Olahga Indonesia. karena pria kelahirn Donggala, Sulawesi Tengah, 7 Juni 1963 ini sebelumnya merupakan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga dalam Kabinet Indonesia Bersatu (2004–2009).

Sejak mahasiswa, pria berusia 47 tahun ini dikenal aktif berorganisasi. Ia pernah dipercaya menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum USAKTI. Dan tahun 1999, ia diamanatkan Jabatan Ketua Lembaga Pengkajian Keadilan dan Demokrasi Indonesia (LPKDI).

Selanjut dia pernah juga dipercaya menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) tahun 1999 sampai 2002. Kemudian menjadi Ketua Umum Majelis Pemuda Indonesia (MPI) tahun 2003 sampai 2006.

Syarif Bastaman

Pria kelahiran Tasikmalaya, 12 Juni 1963 ini, saat ini dikenal sebagai politisi Senayan. Ya, Syarif masih menjabat sebagai anggota DPR RI Komisi VII dari fraksi PDI Perjuangan. Di internal partai, pria yang biasa di panggil Syabas ini juga menjabat sebagai Sekjen Banteng Muda Indonesia.

Meski demikian, kesibukannya di dunia politik, tidak membuatnya meninggalkan dunia olahraga. Berbagai jabatan di dunia olahraga ia emban, seperti Ketua Persatuan Squash Indonesia, Ketua Harian GABSI (Bridge). dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Hukum PSSI.


IGK Manila

I Gusti Kompyang Manila S.Ip adalah seorang pensiunan Mayor Jenderal TNI AD (POM ABRI) kelahiran Singaraja, 8 Juli 1942. Manila mengawali karir militer saat lulus Akademi Militer Nasional pada tahun 1964. Jabatan yang pertama diemban adalah sebagai Danton Yon PP 1965.

Selanjutnya, berbagai jabatan militer diemban, antara lain, ADC Pangkopur Pom IV Kalbar 1966, Kabag Hartib Disprovad 1978, Dan Pusdik Pom 1985 hingga Staf Ahli Pangab 1993. Berbagai penghargaan yang pernah diraih, diantaranya Satya Lencana GOM VIII, Satya Lencana Wira Dharma, Satya Lencana Penegak, Satya Lencana Kesetiaan VII hingga Satya Lencana Bintang Yudha Darma

Bukan hanya dunia militer yang dijalani, Manila juga turut aktif dalam bidang lain, khusunya olahraga Sepakbola. Pada tahun 2007, IGK Manila pernah menjabat sebagai Ketua BWSI (Badan Wasit Seluruh Indonesia) PSSI. IGK Manila juga pernah menjabat sebagai manajer Persija Jakarta.


H. Wahidin Halim


Salah satu calon yang patut diperhitungkan adalah H. Wahidin halim, yang saat ini menjabat sebagai Walikota Tangerang. Pria kelahiran Tangerang, 14 Agustus 1954 ini menghabiskan hidupnya di dunia pemerintahan.

Wahidin Halim mengawali karir di tahun 1978 sebagai Kepala Desa Pinang. Tahun demi tahun berbagai jabatan pernah ia jalani speerti Camat Tigaraksa, Camat Ciputat, Sekda Kota Tangerang hingga jabatan puncak sebagai Walikota Tangerang selama dua periode (2003-2008 dan 2008-2013).

Selama memangku jabatan Walikota Tangerang, H. Wahidin Halim telah meraih berbagai penghargaan, seperti Piala Citra Bhakti Abdi dari Presiden RI untuk pelayanan publik terbaik Tingkat Nasional tahun 2006, Satya Lencana Karya Pembangunan tahun 2007 dan Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik : Men’s Obsession Award tahun 2006

Namun kesibukannya di pemerintahan tidak membuatnya lupa terhadap bidang olahraga. Ada 3 cabang olahraga yang ia tekuni hingga kini, sepak bola, badminton, dan catur. Wahidin pernah menjabat sebagai pengurus dan manajer Persita. Sedangkan saat ini,  Waihidin masih menjabat sebagai Ketua Umum Persikota Tangerang. Dua klub ini telah memberinya pengalaman berharga dalam mengurusi sepakbola nasional. (sj)

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin
Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengusung Imam Budi Hartono sebagai Cawalkot Depok

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyetujui untuk merekomendasikan Imam Budi Hartono sebagai bakal calon Wali Kota Depok pada Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024