Jacksen: Persipura Bidik Juara Grup di India

Jacksen F Tiago, Pelatih Persipura
Sumber :
  • GOSport

VIVAnews - Meski sudah memastikan lolos ke babak 16 besar AFC Cup, Persipura Jayapura masih melakoni satu laga lagi melawan klub asal India, East Bengal, 10 Mei 2011. Laga terakhir ini sangat penting untuk memastikan juara Grup H, sekaligus berhak menjadi  tuan rumah babak 16 besar.

"Memang, kami sudah lolos dari babak penyisihan Grup H, tapi kami ingin menjadi juara grup. Partai terakhir versus East Bengal sangat penting dan  menentukan  agar peluang menjadi tuan rumah 16 besar semakin terbuka,’’ ujar Jacksen Ferreira Tiago kepada VIVAnews.com, Jumat 6 Mei melalui telepon selulernya.

Posisi Persipura akan diuntungkan jika menjadi juara grup. Karena sesuai dengan peraturan AFC, juara di masing-masing grup akan menjadi tuan rumah 16 besar dalam sistem gugur satu laga saja, bukan home and away (kandang-tandang). Jika menjadi tuan rumah, maka dukungan publik di Stadion Mandala akan sangat menguntungkan Persipura.

"Stadion Mandala sudah sukses menggelar dua laga babak penyisihan Grup H. Target kami selanjutnya menjadi tuan rumah 16 besar, salah satu syaratnya harus juara grup,’’ lanjut Jacksen.

Mengenai persiapan menghadapi East Bengal, aku Jacksen, berjalan cukup baik. Tapi, ia belum menentukan formasi tim yang akan diturunkan.
"Karena target menang dan menciptakan gol sebanyak-banyaknya, kami belum menentukan strategi, masih terus menganalisa kekuatan lawan,’’ ucapnya.

Persipura berada di posisi 2 klasemen sementara Grup H AFC Cup. Mutiara Hitam memiliki poin sama, 10 dengan pimpinan klasemen Chonburi yang unggul selisih gol.

Jika ingin menjadi juara Grup H, pasukan Jacksen harus menang besar atas East Bengal untuk mengantisipasi jika Chonburi juga menang di kandang South China, Hongkong.

Tanpa 2 Pilar

Sayangnya, dua pemain pilar Persipura yakni Hamka Hamzah dan Imanuel Wanggai dipastikan belum bisa diturunkan karena masih didera cedera. "Hamka dan Manu masih dalam proses penyembuhan cedera yang mereka alami. Jadi, saat bertemu East Bengal belum bisa dimainkan,’’ tandasnya.

Meski kedua pemain belum bisa diturunkan, Mutiara Hitam masih memiliki stok pemain yang lebih muda dan bertenaga. "Yohanes Tjoe, Stevie Bonsapia dan Gerald Pangkali sudah menunjukan kemampuan mereka untuk mengisi posisi Hamka dan Manu,’’ ujarnya.

Menurut Jacksen, kendala lain yang akan dihadapi timnya saat bertemu East Bengal di India, selain factor cuaca panas adalah lapangan tempat pertandingan. Lapangan yang akan digunakan ternyata berjenis sintetis yang cukup licin.

“Di laga nanti, kami bukan bermain di lapangan rumput  yang dasarnya pasir atau tanah, tapi di lapangan sintetis yang jelas sangat licin. Sehingga, kami saat ini memperbanyak latihan di lapangan futsal, ’’ jelasnya. 

Rencananya, Mutiara Hitam akan bertolak ke Negeri Mahatma Gandi, besok, Sabtu 7 Mei 2011, dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Identitas 7 Korban Tewas Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel

Laporan: Banjir Ambarita/Papua

Smartfren.

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dikabarkan bakal melakukan penambahan modal dengan skema rights issue dengan total nilai mencapai Rp 8,5 triliun.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024