Salah Satu Anggota K78 Mulai Melunak

Umuh Muchtar (kiri) dan Markus Horison
Sumber :
  • Yadi/VIVAnews

VIVAnews – Berbeda dengan komentar-komentar yang pernah disampaikan sebelumnya, salah seorang anggota Kelompok 78 yang juga manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, mulai bersikap lunak.

Meski tidak terlalu sering melawan interupsi saat Kongres 20 Mei lalu, namun Umuh merupakan salah satu orang yang lantang membela George Toisutta dan Arifin Panigoro dalam pencalonan ketua umum dan wakil ketua umum PSSI.

Umuh bahkan sempat menyalahkan Ketua Normalisasi PSSI, Agum Gumelar, yang dinilainya secara sepihak menghentikan jalannya Kongres 20 Mei lalu.

Namun, kini Umuh mulai mengubah pikirannya. Umuh justru mengimbau semua pihak, termasuk Kelompok 78, untuk mendukung sepenuhnya pelaksanaan Kongres PSSI yang sesuai instruksi FIFA harus digelar sebelum 30 Juni.

"Sekarang tidak ada lagi dan jangan ada lagi blok ataupun kelompok-kelompok yang bisa merusak jalannya Kongres. Kita harus bersatu dan tidak boleh memelihara permusuhan," kata Umuh saat bersilaturahmi dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jawa Barat, Rabu 1 Juni 2010.

Sosok yang masuk jajaran pengurus teras Persib Bandung sejak 2007 lalu ini, menyatakan pihaknya siap ikut mengamankan jalannya Kongres nanti. Pasalnya, jika kembali gagal maka Indonesia secara otomatis akan terkena sanksi FIFA mulai 1 Juli.

"Kongres berikutnya harus membuahkan sebuah hasil dan mengakhiri semua kisruh yang terjadi selama ini. Jangan ada lagi sikap saling melecehkan antara satu pihak dengan pihak lainnya," tegas Umuh.

Umuh, yang mewakili suara Persib di Kongres PSSI, menegaskan akan menghormati keputusan FIFA yang tetap tak mengizinkan George Toisutta dan Arifin Panigoro untuk maju dalam pencalonan.

"Semua harus legowo, apapun hasil Kongres nanti. Pakai hati nurani, dan jangan ada lagi kebohongan," paparnya. (eh)

Laporan: YADI/Bandung

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024