Di Laga Akhir ISL, Penonton Akan Serbu Pemain

Yuli Sumpil (pegang pengeras suara putih)
Sumber :
  • Ongisnade

VIVAnews - Indonesia Super League (ISL) hari ini akan menutup musim 2010-11. Akan ada tujuh pertandingan yang menjadi laga pamungkas pada Minggu, 19 Juni 2011. Pertandingan tersebut antara lain: Persiba Balikpapan melawan Persijap Jepara, Persija Jakarta kontra PSPS, Persipura Jayapura melawan Semen Padang, Persiwa Wamena melawan Pelita Jaya, Arema Indonesia versus Bontang FC, Sriwijaya FC  melawan Persela, dan Persib Bandung kontra Deltras Sidoarjo.

Namun, bukan cuma hasil akhir pertandingan yang bakal dinanti. Seragam (jersey) para pemain dipastikan bakal diserbu penonton di penghujung pertandingan. Ini menjadi tradisi di tiap akhir musim, mengingat kostum itu dianggap bersejarah dan memiliki nilai sebagai memorabilia karena berasal langsung dari pemain idola.

Mengantisipasi hal ini, panitia masing-masing pertandingan akan memaksimalkan keamanan. Dibutuhkan juga ketegasan dari wasit dan pengawas pertandingan.

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

"Ini laga terakhir, biasanya penonton masuk ke lapangan meminta baju dan celana pemain. Petugas keamanan harus bisa mengantisipasi soal ini," ujar Bambang Tutuko, pengawas pertandingan Persib melawan Deltras di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, malam ini pukul 19.00 WIB.

Namun, tidak semua klub melakukan pengamanan seperti itu. Arema Indonesia yang akan meladeni Bontang FC mengaku tidak menambah petugas keamanan yang ada. Tim Singo Edan tetap menggunakan 850 petugas keamanan ditambah 200 dari Aremania--fans Arema. Itu merupakan jumlah standar yang biasa mereka kerahkan di setiap pertandingan.

"Kami tetap menggunakan pengamanan standar 850 petugas. Dan kami juga tidak mengedukasi Aremania untuk melakukan hal-hal seperti itu (masuk ke lapangan meminta seragam)," kata Media Officer Arema Sudarmaji pada VIVAnews. "Memang hal itu sempat jadi kekhawatiran karena tahun lalu sempat terjadi ketika kami melawan Persija Jakarta. Tapi itu bisa terjadi karena jumlah pengamanannya hanya 250 orang."

Meski demikian, Arema menyatakan tetap menghargai Aremania yang mencoba meminta seragam dari pemain idolanya. Pemain-pemain Singo Edan juga tidak akan menolak jika seragam mereka diminta. "Ini pertandingan terakhir, jadi wajar jika pemain juga akan memberi penghormatan pada Aremania. Jadi, saya pikir itu wajar saja," ujar Sudarmaji lagi. (kd)

Konpers 2 Pegawai Lion Air Selundupkan Narkoba ke Pesawat

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Lion Air Group angkat bicara soal kabar yang beredar yang menyebutkan dua pegawai mereka ditangkap polisi karena terlibat penyelundupan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024