Timnas Diupayakan Latihan Dua Kali Sehari

Latihan timnas bersama Wim Rijsbergen
Sumber :
  • ANTARA/ Puspa Perwitasari

VIVAnews - Pelatih timnas Wim Rijsbergen akan mencari metode latihan yang tepat bagi pasukannya selama menjalani pemusatan latihan di Cilegon, Banten. Pengganti Alfred Riedl tersebut harus berhati-hati dalam memberikan menu latihan mengingat sebagian besar pemain sedang menjalani ibadah puasa.

Menurut asisten pelatih timnas, Liestiadi, selama menjalani pemusatan latihan, pihaknya ingin fokus pada peninkatan fisik para pemain. Karena itu, latihan tetap akan digelar sebanyak dua kali, yakni sesi sore dan malam hari.

Masing-masing latihan berdurasi antara 1 jam hingga 1 jam 30 menit. Namun menu ini bisa saja berubah mengingat tim pelatih akan melakukan evaluasi terhadap metode latihan yang diberikan usai diterapkan beberapa kali.

"Rencana awal 2 kali sesi latihan. Namun ini masih bisa berubah. Kami akan lihat kondisi pemain,” ujar Liestiadi kepada wartawan dalam jumpa pers di Hotel Grand Mangkuputra, Cilegon, Banten, Kamis 4 Agustus 2011

PSSI kembali memanggil timnas senior untuk menjalani pemusatan latihan jelang babak ketiga Pra Piala Dunia (PPD) 2014 zona Asia. TC kali akan digelar di Cilegon, Banten mulai Jumat, 5 Agustus - 28 Agustus 2011.

Di babak ketiga PPD 2014, Indonesia berada di Grup E bersama, Qatar, Iran, dan Bahrain. Di laga perdana, Indonesia akan berhadapan dengan Iran, 2 September 2011. Timnas akan bertokaj ke Tehran, Iran, 30 Agustus 2011. 

Liestiadi menjelaskan, penunjukan Cilegon sebagai lokasi TC bukan tanpa alasan. selain karena memiliki fasilitas yang memadai seperti stadion sekelas Karakatau Steel, Cilegon juga baik untuk menempa fisik para pemain.

Selain peningkatan fisik, tim pelatih menurut Liestiadi juga akan menyeimbangkan latihan dengan pemantapan strategi dan taktik. Dengan demikian, timnas diharapkan mampu bermain lebih efektif dan efisien.

"Yang penting pemain bisa bermain efektif dan efisien selama bertanding. Sehingga permain bisa bermain selama 2 kali 45 menit dan tidak kedodoran staminanya pada menit-menit terakhir," pungkas pria asal Medan itu.

Sementara itu, untuk memantau kekuatan lawan, Rijsbergen menyerahkannya kepada Liestiadi. Mantan asistennya di PSM Makassar itu diberi tugas untuk membedah kekuatan Iran yang rencananyaa akan beruji coba dengan Maladewa.

Terungkap, Mas Kawin dari Rizky Febian untuk Mahalini

Laporan: Saputra/Banten

Antrean kendaraan memadati pintu keluar gerbang tol Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 25 Desember 2018.

Polri Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas di Tempat Wisata saat Libur Panjang

Polri memastikan pengamanan lalu lintas (lalin) di sejumlah kawasan wisata saat libur panjang atau long weekend yang dimulai sejak 9 Mei hingga 12 Mei 2024 mendatang. Ada

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024