Pembagian Wilayah Tunggu Hasil Verifikasi

Kiper Arema Indonesia Kurnia Mega menghalau serangan Persija
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus mengatakan penetapan format Liga Indonesia menunggu hasil verifikasi 25 Agustus 2011. Menurutnya, jumlah klub yang lolos menentukan format kompetisi yang akan digunakan.

"Tergantung jumlah klub yang lolos verifikasi nanti. Maksimal satu wilayah itu kan 22 klub, kalau lebih (klub lolos verifikasi) bisa jadi dibuka dua wilayah," ujar Sihar kepada wartawan di kantor PSSI, Senayan, Selasa, 9 Agustus 2011.

Sihar mengasumsikan dalam satu musim kompetisi, dengan 20 klub peserta idealnya memakan waktu 8 hingga 10 bulan. Namun seandainya jumlah klub yang lolos verifikasi melebihi jumlah maksimal 22 klub, maka terbuka kemungkinan kompetisi digelar dengan format dua wilayah atau lebih.

"Formatnya pun masih dipertimbangkan. Apakah misalnya Timur-Barat atau dibuat dua strata Level satu dan dua," ujar Sihar.

Lebih jauh, Sihar mengaku optimistis klub-klub Liga Super Indonesia (ISL) dapat lolos proses verifikasi sehingga kompetisi musim depan tetap didominasi oleh klub-klub penghuni ISL musim lalu. Hal ini berdasarkan kemampuan klub-klub ISL yang berhasil lolos verifikasi musim lalu.

"Kenapa ISL disebut liga tertinggi? Tentu karena klub-klubnya sudah mapan. Oleh karenanya, saya berharap kompetisi musim depan tetap didominasi klub LSI karena sudah terbiasa dengan persyaratan ketat sebelumnya," ujarnya.

Sementara itu mengenai polemik tentang proses verifikasi yang digelar PSSI sebagai upaya memasukkan klub LPI ke kasta tertinggi Liga Indonesia, Sihar membantahnya. "Enggak ada upaya memasukkan klub LPI. Itu (peluangnya) hanya mengawinkan badan usahanya saja," tandas Sihar.

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi

Kemnaker Imbau Hari Ini Menjadi Hari Terakhir Layanan Posko THR

Hari ini menjadi hari terakhir layanan Posko THR 2024. Setelah Posko ditutup, Kemnaker bersama dinas-dinas ketenagakerjaan akan menindaklanjuti aduan-aduan THR yang masuk

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024