Legenda Timnas Puji Penampilan El Loco

Christian Gonzales
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Legenda timnas Henkie Timisela terkesan dengan permainan striker Christian 'El Loco' Gonzales. Menurutnya, pemain naturalisasi itu merupakan salah satu kunci sukses timnas di Pra Piala Dunia (PPD) 2014.

Menurut Henkie, ada tiga pemain yang menjadi kunci keberhasilan Indonesia lolos ke Grup E babak ketiga PPD 2014 Zona Asia. Seluruhnya adalah penyerang Tim Merah Putih, yakni Boaz Solossa, Oktovianus Maniani, dan El Loco.

"Kalau dilihat dari keseluruhan pemain, bisa diambil Boaz, Okto, dan Gonzales," ujar Henkie dalam acara peluncuran buku 'Ramang', Macan Bola, di kantor Menpora, Jalan Pemuda, Senayan, Selasa, 9 Juli 2011.

Dari ketiga pemain tersebut, Henkie menilai Gonzales lah yang layak mendapat predikat bomber sejati."Heading, tendangan kaki kiri dan kanan serta pergerakannya yang bagus," kata mantan pemain asal Maluku tersebut.

Henkie menambahkan, dirinya optimistis timnas bisa melewati babak ketiga PPD 2014 zona Asia.  Namun menurutnya ada dua kelemahan yang masih perlu dibenahi Firman Utina cs agar tampil lebih baik di laga-laga selanjutnya.

"kalau melihat pertandingan lalu. skill pemain kita tidak kalah bagus. hanya saja fisik dan mental yang harus dibenahi," ujarnya.

"Lihat saja pada pertandingan lalu (Turkmenistan), dalam beberapa menit, tiga  gol bisa masuk ke gawang Indonesia. Seharusnya para pemain harus selalu memiliki semangat juang untuk mempertahankan kemenangan," ujarnya.

Ia pun berharap Indonesia dapat menampilkan ciri khas permainan sendiri dan tidak meniru gaya bermain timnas lain. Karena kekhasan komposisi pemain Indonesia yang berasal dari beragam daerah. "Saya berharap kita punya gaya bermain sendiri yang khas. Pemain kita kan dari beragam daerah yang memiliki sifat dan karakter berbeda. jadi tidak usah meniru tim lain," katanya.

Indonesia lolos ke babak ketiga PPD 2014 zona Asia usai menyingkirkan Turkmenistan dengan agregat 5-4. Di babak ketiga Indonesia tergabung di Grup E bersama Iran, Qatar, dan Bahrain. Indonesia akan mengawali langkahnya di babak ini dengan bertandang ke markas Iran, 2 September 2011.

Henkie adalah mantan pemain Persib Bandung yang sempat menjadi tumpuan timnas. Henkie ikut bermain saat Indonesia menahan imbang Jerman Timur, 11 Februari 1959. Dalam duel ini, Henkie mencetak dua gol bagi Indonesia.

Henkie pernah dinobatkan sebagai top scorer pada Merdeka Games 1962. Pada even ini, timnas Indonesia menorehkan sejarah dengan mengalahkan Korea Selatan 3-0. Dua gol berhasil dicetak oleh Henkie pada pertandigan ini.

Indonesia akhirnya keluar sebagai juara usai mengalahkan Pakistan di babak final dengan skor 2-1. Sedangkan Henkie tampil sebagai pencetak gol terbanyak dengan torehan 8 gol dan dijuluki sebagai 'The Wonder Boy'.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal
Bea Cukai tindak ribuan batang rokok ilegal yang dikirim melalui jasa ekspedisi

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

Tarif cukai yang naik secara terus menerus dinilai memberatkan pelaku usaha dan membuat rokok ilegal semakin subur.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024