Belum ada Klub yang Serahkan Verifikasi

Sihar Sitorus, Manajer PSMS Medan
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Empat hari jelang penutupan pendaftaran, belum ada satu klub pun yang telah menyerahkan dokumen persyaratan klub profesional ke kantor PSSI, Kamis, 18 Agustus 2011.  PSSI memberi batas akhir hingga tanggal 22 Agustus mendatang bagi klub untuk memenuhi persyaratan klub profesional.

"Belum ada klub yang menyerahkan," ujar Ketua Komite Kompetisi, Sihar Sitorus di kantor PSSI, Kamis, 18 Agustus 2011. Sihar sendiri belum mengetahui mengapa seluruh klub belum ada yang melengkapi persyaratan.

Padahal, dalam acara asistensi yang digelar PSSI pekan lalu, sejumlah klub antusias mengikuti acara tersebut. Sedikitnya 76 klub mengikuti acara asistensi atau bimbingan yang dipandu oleh PSSI bagi para klub yang menyatakan kesiapannya memenuhi persyaratan klub profesional.

Oleh karenanya, Sihar pun berharap seluruh klub dapat memenuhi persyaratan dan menyerahkan dokumen kelengkapan sebelum batas waktu terakhir. "Masih ada waktu 3 hari tersisa. Kami berharap klub dapat memenuhi dokumen tepat waktu. Dan biasanya klub-klub menyerahkan dokumen di menit-menit akhir," ujar Sihar.

Sihar pun menyatakan pihaknya akan menunggu para klub dan akan membuka kantor PSSI hingga pukul 12 malam, Senin, 22 Agustus 2011. Apakah akan ada sanksi atau penolakan jika dokumen diserahkan setelah batas waktu terakhir? "Kami masih tetap menunggu, kami belum berpikir soal punishment," ujar Sihar.

Sebelumnya, dalam Workshop PSSI-AFC awal Agustus lalu, PSSI mewajibkan kepada seluruh klub ISL dan Divisi Utama untuk mempersiapkan dan mengajukan dokumen persyaratan sebelum 23 Agustus 2011. Dokumen yang harus diserahkan terdiri dari lima aspek profesional yaitu legal, keuangan, infrastruktur, SDM dan Supporting (perangkat pertandingan dan kontrak pemain).

Kemudian, pada 23 Agustus, PSSI mulai melakukan verifikasi seluruh dokumen klub yang telah diserahkan oleh klub. Dan pada 25 Agustus, PSSI akan mengumumkan klub-klub yang berhak mengikuti kompetisi liga profesional. "25 Agustus, PSSI akan mengumumkan peserta kompetisi berdasarkan rangking yang didapat klub sesuai kriteria Liga Champions Asia," ujar Sihar.

Selanjutnya, PSSI menyerahkan seluruh dokumen tersebut kepada AFC pada 3 September mendatang. "Verifikasi AFC dilanjutkan inspeksi ke Indonesia pada September akhir. Nanti akan diambil keputusan apakah ISL layak masuk Liga Champions Asia atau tidak," papar Sihar.

Kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) musim 2011-2012 sendiri akan dimulai 8 Oktober 2011. Hal ini demi memenuhi ketentuan AFC yang menyatakan Indonesia harus menggelar kompetisi sebelum 14 Oktober 2011. AFC memang telah mengancam PSSI. Jika tak mampu menggelar kompetisi sebelum tenggat waktu itu, Indonesia dilarang ikut serta dalam kompetisi Liga Champions Asia selama 3 tahun ke depan.

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah
Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi

Tingkatkan Angkatan Kerja yang Kompeten, Kemnaker Komitmen Hadirkan Pelatihan Vokasi Berkualitas

Kemnaker terus berkomitmen untuk menghadirkan pelatihan vokasi yang berkualitas. Tujuannya agar pelatihan vokasi dapat menjadikan angkatan kerja berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024