Perubahan Format Liga Dituding Salahi Aturan

Ketua Kadin Jawa Timur, La Nyalla Mattaliti (tengah).
Sumber :
  • Antara/ Bhakti Pundhowo

VIVAnews - Anggota Komite Eksekutif PSSI, La Nyala Mataliti tidak setuju dengan format kompetisi dua wilayah. Menurutnya, perubahan juga seharusnya dilakukan melalui mekanisme Kongres PSSI.

"Saya tetap berjuang sesuai statuta. Di dalam statuta jelas 18 tim Liga Super, di bawahnya 16 tim Divisi Utama. Kalau mau diubah, silakan tapi lewat kongres,” ujarnya di kantor PSSI, Rabu 14 September 2011.

Menurut La Nyala konsep kompetisi musim lalu sebenarnya sudah baik, termasuk Liga Super Indonesia (ISL). Karena itu, PSSI tidak perlu membuatnya menjadi ruwet hanya untuk mengakomodir kepentingan kelompok tertentu.

"Dulu kan sudah ada kompetisi, jenjangnya sudah ada. Terusin yang sudah ada aja kenapa sih?” lanjutnya.

La Nyalla yang menjabat Ketua Komite Hukum PSSI berkeras akan tetap patuh pada statuta PSSI yang menggelar kompetisi satu wilayah. La Nylla mengaku akan melawan upaya-upaya yang melanggar statuta PSSI.

"Selama melanggar statuta saya akan tetap melawan. Saya tak mau yang halal diharamkan dan haram dihalalkan hanya karena rapat Exco,” tutur La Nyalla.

PSSI melalui Komite Kompetisi, Sihar Sitorus memang memutuskan untuk merombak total format kompetisi nasional. Saat ini, PSSI membagi kompetisi profesional menjadi dua bagian, yakni Liga I dan Liga II.

Liga I akan dibagi dalam dua wilayah dengan proyeksi jumlah kontestan sebanyak 36 klub. Saat ini, ke-36 tim yang telah lolos verifikasi PSSI masih menunggu verifikasi dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). 

Sementara itu Liga II akan dihuni oleh 48 klub yang akan terbagi dalam 4 grup. Saat ini, kompetisi kasta kedua ini masih kekurangan 14 klub. Rencananya, tim-tim yang tidak direstui AFC akan turun ke level ini.

"Saya tidak merasa memverifikasi. Yang memverifikasi Sihar Sitorus. Dasarnya hukumnya apa dia verifikasi? Sihar adalah Komite Kompetisi, dalam statuta tugasnya menyiapkan pertandingan, atur jadwal. Yang memverifikasi itu tim. Ada tim ahli satus, tim hukum dan tim organisasi, sesuai statuta,” kata La Nyalla.

“Cita-cita revolusi PSSI dulu adalah untuk menegakkan statuta yang dilanggar Nurdin Halid. Saya tetap memakai nurani itu dan tidak akan melanggarnya demi insan sepak bola nasional,” pungkas La Nyalla. (eh)

3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Duel Al Nassr vs Al Fayha dalam lanjutan Liga Arab Saudi matchday ke 28 di Stadion King Saud, Jumat 19 April 2024, pukul 22.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024