Waketum PSSI Gagal Redakan Konflik Persebaya

Duet Djohar Arifin (kanan) dan Farid Rahman di PSSI
Sumber :
  • VIVAnews/Marco Tampubolon

VIVAnews - Harapan tinggi 30 klub anggota Persebaya untuk keluar dari dualisme kepemilikan melayang jauh. Wakil Ketua Umum PSSI Farid Rahman yang jadi gantungan terakhir penyelesaian hanya bisa menampung keluhan mereka.

Farid menggelar pertemuan selama dua jam mulai pukul dua siang di Hotel Mercure Surabaya, Minggu, 25 September 2011. Dalam pertemuan itu, dua kubu yang selama ini mengaku paling berhak, PT Persebaya Indonesia dan PT Mitra Muda Inti Berlian, untuk pertama kalinya duduk dalam satu meja.

Hasilnya, ada kesepakatan tertulis yang menyatakan PT PI diwakili Direktur Utama Cholid Ghoromah, menyetujui keputusan Exco untuk merger dengan PT MMIB. Sedangkan mengenai format penggabungan dan komposisi saham akan dibicarakan kemudian.

"Keputusan itu akan dibawa ke Jakarta dalam sidang exco. Finalnya, ketua umum PSSI yang menentukan," kata Corporate Secretary PT MMIB, Sefdin.

PT PI dalam pertemuan itu selain dihadiri Cholid juga diwakili Ferrel Raymond Hattu, ketua HBS yang juga menjadi juru bicara 30 klub anggota. Sedangkan dari PT MMIB, selain dihadiri Komisaris Wisnu Wardhana juga terlihat Diar Kusuma Putra (Dirut), M Alyas dan Sefdin.

Sebelumnya, Farid menggelar pertemuan dengan klub-klub anggota Pengcab PSSI Surabaya dan beberapa perwakilan suporter di mes Persebaya. Dari agenda itu, Farid mengaku banyak mendapat informasi langsung. Terutama terkait status Persebaya versi Wishnu dan versi Cholid Ghoromah.

"Saya telah mendengar secara langsung informasi dari klub-klub anggota. Saya banyak mendapat informasi baru," kata Farid.

6 Potret Rizky Febian dan Mahalini Saat Mengikuti Serangkaian Proses Upacara Adat Mepamit di Bali

"Selama ini Persebaya Wishnu dan Cholid itu beda. Padahal ternyata sama, karena klub-klub anggotanya ya mereka ini. Dan Persebaya yang berlaga di Divisi Utama, milik dari 30 klub anggota ini," jelasnya lagi.

Namun, Farid juga menegaskan posisinya hanya sebagai mediator. Karena itu, di samping mempelajari legalitas juga meneliti dokumen-dokumen dari kedua belah pihak. "Prinsipnya, semua persoalan ini kembali ke exco dan ketua umum,".

Laporan: Adi Yoga/Surabaya

Wakil Bupati Malang Daftar Jadi Calon Wali Kota Batu di DPC PDIP
Prabowo bersama Luhut

Jubir Jelaskan Maksud Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic' ke Pemerintahan

Baru-baru ini ramai dibicarakan soal Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang mengingatkan Prabowo untuk tak membawa orang toxic di Pemerintah

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024