Wim: Timnas Masih Banyak Kelemahan

Latihan timnas bersama Wim Rijsbergen
Sumber :
  • ANTARA/ Puspa Perwitasari

VIVAnews - Pelatih Timnas Senior, Wim Rijsbergen mengakui timnya masih memiliki banyak kelemahan. Namun Pelatih asal Belanda itu berjanji segera membenahinya sebelum Tim Merah Putih bertemu Qatar, Selasa, 11 Oktober 2011.

Indonesia sampai saat ini masih berada di dasar klasemen sementara Grup E Pra Piala Dunia (PPD) 2014. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan belum mengantongi satu nilai pun setelah kalah  0-3 dari Iran dan 0-2 dari Bahrain.

Menurut Wim, banyak hal yang perlu dibenahi sebelum bertemu Qatar. Salah satunya adalah penguasaan bola yang masih lemah. Selain itu, Wim juga menyoroti mental dan fisik para pemain saat bertemu dengan tim-tim tangguh.

"Kami harus meningkatkan ball possesion di pertandingan, mental bertanding, dan fisik, karena itu yang Anda lihat dalam laga internasional. Mental, fisik dan kekuatan," kata Wim kepada wartawan, Rabu, 5 Oktober 2011.

"Kalian lihat apa yang sudah kami lakukan melawan tim-tim kuat seperti melawan Yordania, Iran dan Bahrain. Kami kurang peluang mencetak gol dan masih sering melakukan kesalahan, sehingga kebobolan," lanjut Wim. 

Wim menambahkan, di tiga laga terakhir timnas selalu kesulitan dalam mempertahankan bola. Parapemain juga kalah saat beradu fisik dengan pemain-pemain lawan.

"Jika lihat kondisi stastistik, mereka di atas rangking kita. Kita kecurian 1 gol (Yordania), 3 gol (Iran) dan 2 gol (Bahrain). Kita harus berusaha tidak kehilangan bola dan terus menekan lawan untuk memberikan tekanan kepada lawan-lawan kami," tambah pelatih asal Belanda tersebut.

Wim tak lupa menyoroti keroposnya lini pertahanan timnas yang digalang Hamka Hamzah dan kawan-kawan. "Hasil evaluasi pertahanan agak negatif," kata Wim.

"Kami akan meningkatkan kemampuan di bagian pertahanan dan juga penyerangan. Banyak yang harus kami tingkatkan. Semoga bisa dilakukan saat melawan Qatar," pungkas Wim.

Sebelum menjamu Qatar, Timnas Senior akan menjajal kekuatan Arab Saudi, 7 Oktober 2011. Uji coba ini akan digelar di Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur, Malaysia. (sj)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016