Lawan Qatar, Timnas Belum Pasti Mainkan Boaz

Boaz Solossa
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Keinginan striker Persipura Jayapura, Boaz Solossa untuk bisa memperkuat tim nasional Indonesia saat menjamu Qatar dalam lanjutan Prakualifikasi Piala Dunia 2014  pada 11 Oktober mendatang sepenuhnya bergantung kepada pelatih Wim Rijsbergen.

Boaz sebenarnya sudah menyatakan kesiapan untuk mempertajam lini depan Tim Garuda. Namun, tampaknya Sang Pelatih masih belum menunjukkan tanda-tanda memanggil Pemain Terbaik sekaligus Top Skorer Liga Super Indonesia (ISL) 2010-11 itu.

Menurut asisten pelatih Timnas, Liestiadi, Rijsbergen masih menganggap sikap Boaz yang tidak memenuhi panggilan tepat waktu sebagai tindakan indisipliner. Sebagai konsekuensinya, Boaz dan rekannya di Persipura, Ricardo Salampessy yang juga mangkir dari Timnas tidak disertakan Rijsbergen saat melawan Arab Saudi.

"Memang dia (Boaz Solossa) menyatakan siap. Tapi bagaimana pun, itu semuanya kan keputusan dari coach Wim. Karena sesuai dengan tenggat waktu yang kita tetapkan, Boaz tidak datang. Jadi itu merupakan suatu tindakan indisipliner. Itu nanti kita bahas lebih lanjut," ujar Liestiadi usai latihan Timnas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu 8 Oktober 2011.

Menjelang laga krusial menghadapi Qatar di SUGBK, Selasa 11 Oktober 2011, Timnas mendapat pelajaran berharga dalam laga uji coba melawan Arab Saudi. Meski lini depan Tim Merah Putih masih belum menunjukkan tajinya, namun Rijsbergen mengaku puas dengan torehan hasil imbang tanpa gol tersebut.

Pada latihan sore tadi, Wim tampaknya tidak terlalu pusing dengan absennya Boaz maupun Salampessy dari skuad Garuda. Beberapa pemain depan mendapat porsi khusus dan diberikan instruksi mendetail penyelesaian akhir untuk melawan Qatar.

Para penyerang muda seperti Yongki Aribowo, Irfan Bachdim maupun Ferdinand Sinaga tetap digenjot meski tampil lumayan saat melawan Arab Saudi kemarin. Meski gagal mencetak gol, namun beberapa kali barisan penyerang Timnas mampu membuat repot kiper Arab Saudi, Ali Waleed Abdullah.

"Pertandingan kemarin, tujuan kami sama dengan yang diinginkan Arab. Mereka juga menguji pemain-pemain lapis dua yang kira-kira bisa diturunkan sebagai starting eleven. Kami juga demikian. Starting eleven sudah ada bayangan, tapi kalau kami coba lebih banyak, akan ada lebih banyak pilihan lagi," ujar Liestiadi.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016