Jadwal Liga Bisa Picu Protes Massal

ilustrasi foto liga indonesia
Sumber :

VIVAnews - Manajer-manajer tim yang akan bertanding di Liga Indonesia musim kompetisi 2011-12 akan melakukan pertemuan hari ini, Rabu, 12 Oktober 2011. Namun, dikhawatirkan pertemuan ini akan jadi ajang protes massal.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komite Hukum PSSI La Nyalla Mattalitti. Protes bisa terjadi karena jadwal kompetisi yang disusun PT Liga Prima jauh dari kesan profesional.

"Tidak salah kalau banyak klub yang mengeluh dirugikan dengan jadwal kompetisi. Keresahan itu bisa memuncak di manager meeting," kata Nyalla katanya kepada VIVAnews, Selasa malam, 11 Oktober 2011.

Menurut Nyalla, suara keberatan klub-klub peserta bahkan sudah didengar sebelum PT Liga Prima merilis jadwal resmi. Padahal dalam rapat pembahasan jadwal kompetisi, Nyalla sudah memberi peringatan agar menyerahkan pada orang-orang yang sudah berpengalaman. Terutama dari penyelenggara kompetisi PSSI sebelumnya.

"Itu yang saya heran. Padahal dalam rapat sudah diputuskan kompetisi
tetap bernama Liga Super Indonesia dan memakai PT LI sebagai operator.
Ternyata itu diubah Johar dan Farid Rahman (Ketua Umum dan Wakil Ketua PSSI)," kata Nyalla.

"Termasuk penambahan 6 tim sehingga total 24 peserta. Penambahan ini yang membuat jadwal jadi kacau. Jangan dipaksa kalau tidak siap," imbuhnya.

Terpisah, jadwal yang dinilai merugikan juga dirasakan Persebaya, salah satu klub yang diuntungkan keputusan PSSI musim ini. CEO PT Pengelola Persebaya Indonesia, Llano Mahrdhika bahkan mengaku akan mengirim surat keberatan pada waktu manager meeting.

"Selain jadwal, surat complain juga tentang regulasi dan protokol korespondensi," cetusnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dalam draft jadwal musim 2011-2012 yang dirilis PT Liga Prima, Persebaya mendapatkan jadwal cukup berat. Mereka harus menjalani 16 partai tandang dengan hanya tujuh kali pertandingan kandang selama paruh pertama. Selain itu, di pertengahan putaran pertama, dalam dua hari Persebaya akan bertanding tandang dan kandang. 

Laporan: Adi Yoga/Surabaya

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing
Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016