PSSI Jamin Hak Pemain Naturalisasi

Stefano Lilipaly
Sumber :
  • FC Utrecht Photo

VIVAnews - Kekalahan beruntun yang dialami timnas di ajang pra kualifikasi Piala Dunia Brazil 2014 diakui Pelatih Wim Rijsbergen tak lepas dari materi tim yang sejak awal bukan merupakan pilihannya sendiri. Dalam pernyataannya kepada media usai pertandingan semalam, Wim juga mengeluhkan belum bergulirnya Liga Indonesia menyulitkannya mencari pemain untuk timnas.

Menurut Sekjen PSSI Tri Gustoro, tambal sulam pemain timnas untuk mencari skuad terbaik masih mungkin dilakukan, termasuk memanggil lima pesepakbola asing yang baru dinaturalisasi. Seperti diketahui, Tonnie Harry Cusell, Jhonny Rudolf Van Beukering, Stefano Janjte Lilipaly, Victor Chukwuekezie Igbonefo, dan Greg Nwokolo resmi menyandang ststus WNI sejak Senin, 10 Oktober 2011 kemarin.

"Siapapun warga negara mempunyai hak yang sama untuk masuk timnas. Mereka yang dinaturalisasi kan sudah menjadi warga negara, mereka juga berhak masuk timnas. Jika pelatih meminta mereka semua, PSSI akan panggil segera," ujar Tri Gustoro pada VIVAnews.com usai menyaksikan laga Indonesia vs Qatar semalam. Indonesia kalah 2-3 dari Qatar. Dua gol Indonesia diborong oleh pemain naturalisasi, Cristian Gonzales.

Menurut Tri Gustoro, pemanggilan terhadap para pemain naturalisasi memang sepenuhnya merupakan hak pelatih dalam menyusun skuadnya. Namun sebagai lembaga tertinggi sepakbola tanah air, PSSI akan mendengar masukan dari siapapun, termasuk soal pemanggilan pemain naturalisasi untuk memperkuat barisan timnas.

"Kami sifatnya hanya mengusulkan. Yang memiliki hak penuh apakah memanggil pemain naturalisasi atau tidak, itu semua kewenangan dan hak dari pelatih. Jadi kita tunggu saja. Masih ada rentang waktu kedepan sebelum melakoni pertandingan tandang. Masih memungkinkan untuk memanggil mereka dan mendaftarkan untuk pertandingan selanjutnya," ujar Tri.

Dalam pertandingan yang dimenangkan Qatar tersebut, tiga pemain naturalisasi, Stefano Lilipaly, Tonnie Cusell, dan Ruben Wuarbanaran juga terlihat ikut menyaksikan penampilan timnas. Bagi Stefano Lilipaly, menyaksikan permainan timnas semalam merupakan agenda wajibnya selama beberapa hari berada di Indonesia. Pemain liga Belanda, FC Utrecht tersebut langsung bertolak ke Belanda usai menonton laga timnas. (umi)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016