Persiba Pertanyakan Pembagian Saham PT Liga

Striker Persiba Khairul Amri (kiri)
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Persiba Balikpapan mempertanyakan pembagian saham PT Liga Prima Indonesia Sportindo, yang ditunjuk PSSI mengelola pelaksanaan liga. Persiba mendesak PSSI mematuhi keputusan Kongres Tahunan PSSI di Bali, 21-22 Januari 2011 lalu.

Sebelumnya Ketua Komite Kompetisi PSSI yang juga Anggota Komite Eksekutif PSSI, Sihar Sitorus, menyatakan pihaknya berencana membagi saham PT Liga Prima Indonesia Sportindo dengan komposisi: 70 persen untuk PSSI dan 30 persen ke klub.

Namun, rencana itu dipertanyakan Ketua Umum Persiba Balikpapan, Syahril Taher. Pasalnya, dalam Kongres Tahunan PSSI di Bali terakhir, PSSI memutuskan untuk membagi saham 99 persen untuk klub dan 1 persen untuk PSSI.

"Sekarang wacana yang berkembang ada 50-45, lalu 70-30. Padahal dalam Kongres di Bali kemarin sudah diputuskan 99 persen untuk klub 1 persen untuk PSSI. Hal itu yang pertama akan kami tanyakan di pertemuan manajer klub nanti," ujar Syahril saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis 13 Oktober 2011.

Syahril berharap PSSI mematuhi keputusan Kongres tersebut. Pasalnya, aku Syahril, klub-klub membutuhkan dana untuk menjalani kompetisi IPL musim ini, terlebih dengan banyaknya pertandingan menyusul bertambahnya peserta klub menjadi 24.

"Ini adalah hak-hak klub. Dan ingat kedudukan klub jauh lebih tinggi daripada PT itu. Ini adalah kompetisi profesional, kami harus cari dana sendiri. Kami tidak mau jadi sapi perahan," tegas Syahril.

Syharil juga mengritik keputusan PSSI yang menambah peserta kompetisi dengan begitu saja memasukkan tiga mantan klub Liga Primer Indonesia (LPI)--Persema Malang, PSM Makassar, dan Persibo Bojonegoro. Dua klub dimasukkan dengan alasan nilai sejarah dan keinginan sponsor--yakni Persebaya dan PSMS Makassar--serta Bontang FC dengan predikat tim degradasi terbaik.

"Jelas ini pelanggaran statuta. Mereka melegalkan yang salah. Ini semua harus dibenahi, dan jika tidak, bukan tidak mungkin klub-klub akan bergerak," kata Syahril.

PT Liga Prima sendiri akan melakukan pertemuan dengan manajer dan perwakilan klub guna membahas persiapan kompetisi hari ini.

Langkah Persiba Terhenti di Semifinal Piala Gubernur Kaltim
Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016