La Nyalla Ancam Adukan PSSI ke FIFA

Chalid Gomorah (batik, kiri) di kediaman La Nyalla Mattalitti
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Anggota Komite Eksekutif PSSI, La Nyalla Mattalitti, mengancam akan mengadukan PSSI ke FIFA. Ini adalah buntut perpecahan yang terjadi di antara klub-klub peserta Liga Super 2011-12. Saat ini klub peserta terbagi dalam dua kelompok, yakni Kelompok 14 dan Kelompok 10.

K-14 dihuni klub-klub yang bertentangan dengan kebijakan PSSI dalam menggelar Indonesia Premier League (IPL) musim ini. La Nyalla yang mengaku mendapat dukungan dari dua anggota Exco, Robertho Rouw dan Erwin Dwi Budiawan akan melaporkan kejadian ini ke induk sepak bola dunia, FIFA.

"Tanda tangan sudah ada tiga. Saya, Robertho Rouw dan Erwin. Saya akan melapor ke FIFA kalau ada 14 klub yang tidak mau tampil di IPL yang akan bergulir 15 Oktober," ujar La Nyalla kepada wartawan, Jumat 14 Oktober 2011.

La Nyalla menegaskan PSSI harusnya tetap menjalankan amanat hasil Kongres Tahunan PSSI di Bali, Januari 2011 lalu, berkaitan dengan kompetisi Liga Super Indonesia.

"Pengelolanya adalah PT Liga Indonesia dan klub ISL ada 18 jumlahnya. Tidak ada itu Persema dan Persibo. Saya juga akan melaporkan tindakan PSSI yang mencabut sanksi Persema serta Persibo melalui rapat Exco. Padahal sanksi itu harus diangkat melalui Kongres," paparnya.

La Nyalla mengaku sudah memperingatkan PSSI mengenai kemungkinan penolakan sejumlah klub terhadap bergulirnya IPL. Namun, pengurus PSSI di bawah kepemimpinan Djohar Arifin Husin tidak menggubrisnya.

"Pada rapat Exco tanggal 16 September, diputuskan liga kembali ke 18 klub sesuai ISL musim lalu. Lalu berubah lagi menjadi 20, kemudian kini 24 klub. Saya sudah bilang ke pak Djohar kalau klub bisa menentangnya kalau seperti ini. Jawabnya hanya 'Nanti kita lobi pak'," papar La Nyalla.

La Nyalla juga menegaskan hingga saat ini PT Liga Indonesia merupakan pengelola kompetisi sepakbola di Indonesia. "PT Liga Indonesia harus dicabut mandatnya melalui Kongres," tegas La Nyalla.

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing
Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016