Timnas U-23 Kirim Utusan Intip Vietnam

Rahmad Darmawan dan pemain Timnas U-23
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Pelatih kepala timnas U-23, Rahmad 'RD' Darmawan mengaku puas dengan hasil uji coba yang diraih anak asuhnya. Timnas proyeksi SEA Games tersebut menang tipis 3-2 atas juara Divisi Utama musim lalu, Persiba Bantul dalam laga uji coba tanpa penonton yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu 16 Oktober 2011.

RD mengatakan, sebagai tolok ukur keberhasilan tim dalam persiapan menghadapi SEA Games yang bakal digelar 11-22 November mendatang, laga uji coba tersebut memberi gambaran positif bagi perkembangan Yongki Aribowo dan kawan-kawan. Dari beberapa kali laga uji coba yang telah digelar, progres Timnas U-23 saat ini hampir seperti yang diinginkan sang pelatih.

"Pada 20 menit pertama kami kehilangan ritme permainan. Pemain terlalu banyak mengoper bola dan bermain dengan tempo kurang cepat. Kemudian ketika kami mencoba merubah permainan, kami bisa menciptakan beberapa peluang. Ketika babak kedua, kami bermain sangat cepat, melakukan banyak variasi serangan, dan hasilnya memuaskan," ujar RD usai pertandingan.

Menjadi tuan rumah SEA Games XXVI dengan target juara, pencapaian keberhasilan timnas U-23 dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan memang diakui mantan pelatih Persija Jakarta itu belum mencapai 100 persen. Untuk benar-benar siap terjun di kancah olahraga Asia Tenggara tersebut, timnas U-23 masih harus berbenah, terutama di sektor pertahanan.

Untuk itulah, dalam beberapa pekan kedepan, lini belakang timnas U-23 yang baru menjalani pelatnas sejak 1 Agustus 2011 tersebut akan mendapatkan perhatian khusus sebelum benar-benar berlaga di kancah SEA Games. Tak hanya itu, persiapan lain juga dilakukan dengan mengirimkan utusan ke beberapa negara untuk mengintip peta kekuatan lawan.

"Kami masih lengah di akhir-akhir pertandingan. Ini catatan khusus bagi saya. Dalam beberapa pertandingan terakhir kami empat kali kebobolan lewat bola-bola mati. Itu sebetulnya sudah kami antisipasi. Tapi memang masih harus diperbaiki," ujar RD.

Rahmad lalu membeberkan, sebagai persiapan mengenali peta kekuatan calon lawan, pihaknya dalam waktu dekat juga akan mengirimkan asisten pelatih, Widodo C. Putro untuk melihat langsung permainan dan kekuatan tim lawan yang akan menjadi musuh timnas U-23.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Negara pertama yang akan disambangi Widodo adalah Vietnam, yang kemungkinan akan berada dalam satu grup bersama Indonesia di babak penyisihan.

"Tanggal 18 Oktober, kami utus Widodo C. Putro ke Vietnam untuk mengintip sejauh mana kekuatan tim lawan," ujar Rahmad.

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016