Boikot IPL, Deltras Liburkan Pemain

Feriansyah Masyud (Pelita Jaya/17) dikawal sejumlah pemain Deltras
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Bambang Suseno

VIVAnews - Deltras Sidoarjo memutuskan untuk meliburkan para pemainnya. Langkah ini diambil setelah The Lobster memutuskan untuk memboikot Indonesia Premier League (IPL) 2011-12 bersama tim-tim yang tergabung dalam Kelompok 14.

Sesuai jadwal yang diterima dari PSSI, Deltras sejatinya bertanding melawan Persema Malang, Senin 17 Oktober 2011. Namun, laga ini dipastikan batal karena Deltras menolak tampil dan IPL diliburkan hingga SEA Games 2011 usai.

"Manajemen akhirnya memutuskan memberi tim jatah libur hingga 1 November. Kalau sudah libur kan jelas tidak ada pertandingan,” kata manajer Yudha Pratama kepada VIVAnews.

Hal senada juga diungkapkan oleh sekretaris Deltras, Ahmad Zaini, Senin 17 Oktober 2011. Menurutnya, Deltras tidak akan bertanding dengan tim mana pun.

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing

"Tidak ada pertandingan. Kami tidak bermain dengan Persema atau klub mana pun. Pengesahan pemain saja belum ada kok. Bagaimana mau main?"

Tekad Deltras memboikot IPL musim ini sepertinya sudah semakin bulat. Selain dituding telah melanggar statuta PSSI, jadwal IPL merugikan Deltras. Bagaimana tidak, Desember nanti Deltras harus bertanding di kandang lawan (away) 4 kali berturut-turut. Lawan Deltras masing-masing yakni Semen Padang (8 Desember), Persib (11 Desember) dan Persiba Bantul (18 Desember).

Mahaka Kembali Ubah Nama Turnamen Pramusim ISL

"Selama PSSI melanggar statuta dan tidak menjalankan amanat Kongres Bali, kami tetap menganggap kompetisi ilegal,” kata Mafirion, Ketua Umum Deltras.  

Terkait ancaman PSSI yang akan meninggalkan tim yang terlibat aksi boikot, Mafirion mengakui tidak gentar. "Justru bisa jadi bahan laporan kami ke AFC. Kami melakukan aksi ini karena PSSI memang sudah tidak benar.”

Sikap Deltamania
Keputusan Deltras meliburkan para pemainnya ternyata tidak sampai ke telinga suporter setianya, Deltamania. Menurut sekretarisnya, Prambudi, pihaknya telah menyiapkan 2.000 suporter untuk mendukung Deltras di Kanjuruhan.

"Kami sudah kordinasi dengan Aremania. Sekarang mau ngurus izin ke Polres karena jumlah yang akan berangkat cukup besar sekitar 2000 suporter. Sampai sekarang belum ada kepastian tanding atau tidak, kalau memang manajemen menolak tanding, ya bagaimana lagi,” ujarnya.

Meski kecewa, Deltamania memahami pilihan manajemen. “Semua memang tidak jelas, jadwal Deltras masih kacau. Tapi kami semua berharap agar Deltras secepatnya bisa ikut kompetisi, karena suporter sudah tidak sabar melihat Deltras bertanding, " ujar Prambudi. (one)

Laporan: Adi Yoga/Sidoarjo

LIGA Ingin 'Bangkitkan' ISL, Bagaimana Nasib Pemain Asing?
Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016