Juara IPL Akan Terima Hadiah Rp2,5 Miliar

Djohar Arifin Husin
Sumber :
  • Marco Tampubolon/VIVAnews

VIVAnews - PSSI tampaknya tetap menggelar IPL meski mayoritas klub menolak kompetisi ini. Bahkan, PSSI telah menentukan nominal hadiah yang akan diterima juara IPL musim 2011/2012.

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

PSSI menyiapkan hadiah sebesar Rp2,5 miliar bagi klub yang memenangi kompetisi Liga Primer Indonesia musim ini. Jumlah ini sama besar dengan yang diberikan kepada Persipura Jayapura saat menjuarai ISL musim lalu.

"Ditetapkan hadiah bagi Juara I Kompetisi akan mendapatkan Rp2,5 miliar, Juara II mendapatkan Rp1 miliar, Juara III mendapatkan Rp750 juta dan Juara IV mendapatkan Rp500 juta," ujar juru bicara PSSI, Eddi Elison, Rabu 19 Oktober 2011.

"Dan sudah diprogramkan setiap peserta kompetisi IPL akan menerima Rp2 miliar yang rencananya akan diserahkan pada Januari 2012," tambah Eddi Elison.

Sementara itu, perusahaan pelaksana kompetisi, PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) juga rencananya akan menggelar RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) setelah pendaftaran klub pada 26 Oktober mendatang.

"PT LPIS akan segera mengadakan RUPS begitu tenggat waktu pendaftaran kesediaan ikut serta dalam kompetisi IPL yang jatuh pada 26 Oktober 2011. Dalam RUPS, akan dibahas hak dan kewajiban klub sebagai pemegang saham," lanjut Eddi.

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing

"Terkait dengan saham PT LPIS, sebagaimana yang tertera dalam akte pendiriannya yang telah disahkan Menkumham 10 Oktober 2011 adalah 70 persen atas nama Djohar Arifin mewakili PSSI dan 30 persen atas nama Farid Rahman mewakili klub."

27 November 2011

Dalam kesempatan itu, Eddi Eliosn juga mengumumkan jadwal untuk kompetisi Divisi Utama. Kompetisi akan dimulai pada 27 November 2011 mendatang. Kompetisi Divisi Utama ini akan diikuti 47 klub yang dibagi di empat wilayah.

"Direncanakan kick off (Divisi Utama) pada 27 November 2011 mendatang. Saat ini tersedia 47 klub Divisi Utama yang akan dibagi 4 grup atau wilayah," lanjut Eddi.

Mahaka Kembali Ubah Nama Turnamen Pramusim ISL

Lebih lanjut Eddi mengatakan bahwa pendaftaran keikutsertaan klub-klub Divisi Utama akan dimulai pada 21 Oktober 2011 hingga 5 November 2011. Dan sosialisasi akan segera dilaksanakan pada klub-klub secara langsung.

Selain itu, PSSI juga menyiapkan pelaksanaan kompetisi amatir (Divisi 1, 2 dan 3) yang rencananya akan digulirkan pada Januari 2012 mendatang.

"Kompetisi klub-klub amatir yang terdiri dari Divisi I, II dan III akan mulai digulirkan pada Januari 2012 mendatang. Setelah terpilihnya Saleh Mukadar sebagai Deputi Sekjen Bidang Kompetisi, kompetisi klub amatir akan difokuskan di Pengprov," papar Eddi.

"Berdasarkan kenyataan, biasanya dana APBD baru bisa cair di bulan Februari bahkan di beberapa daerah di bulan April setiap tahunnya. Sebagaimana diketahui, klub-klub amatir dapat menggunakan dana dari APBD di setiap daerah."

"Oleh karenanya, PSSI mengambil kebijaksanaan untuk memberikan dana talangan kepada peserta kompetisi Amatir, yang jumlahnya akan ditetapkan kemudian. Peserta kompetisi amatir sendiri Divisi I U23, Divisi II U21 dan Divisi III U 19," pungkas Eddi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya