Masuk Grup Maut, Timnas U-23 Jaga Kekompakan

Ferdinand Sinaga
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Berada di 'Grup Neraka' di SEA Games 2011 tak membuat mental punggawa-punggawa timnas U-23 ciut. Sebaliknya, pasukan Rahmad Darmawan optimistis mampu melewati rintangan yang ada dengan modal kekompakan tim.

Di ajang SEA Games 2011 mendatang, Indonesia berada di grup A yang disebut sebagai grup neraka. Meski dihuni tim yang lebih sedikit dibanding grup B, namun timnas U-23 bakal bertemu tim-tim tangguh seperti, Singapura, Thailand, Kamboja, dan juara bertahan Malaysia.

"Semua tim kuat tergabung di Grup A. Tapi tentu saja kami harus yakin kalau tim kami juga kuat. Apalagi kami juga memiliki kekompakan yang baik antar pemain, baik di dalam maupun di luar lapangan. Itu yang saya rasa akan jadi modal kami nantinya," ujar striker Ferdinand Alfred Sinaga usai latihan timnas kemarin sore, 19 Oktober 2011.

Penyerang Semen Padang tersebut juga meyakini faktor tuan rumah juga bisa menjadi dorongan tersendiri bagi teman-temannya untuk tampil maksimal di tiap pertandingan. Menurutnya, suntikan dukungan dari suporter saat berhadapan tim dengan tim kuat akan memicu semangat juang pasukan Merah Putih.

"Secara tim, kami cukup matang. Sedangkan dari sisi psikologis, kami diuntungkan karena tentu memiliki dukungan penuh sebagai tuan rumah. Sekarang tinggal siapa yang lebih kuat secara mental. Yang mentalnya kuat itu yang akan jadi pemenang," ujar Ferdinand.

Nada optimisme juga disampaikan gelandang lincah Pelita Jaya, Egi Melgiansyah. Menurutnya, bertemu Malaysia, maupun Singapura di babak penyisihan grup memang tak bisa dihindari. Namun, sebagai seorang pemain, ia dan kawan-kawannya di skuad timnas tak akan mudah kehilangan rasa percaya diri di ajang SEA Games nanti.

"Semua pemain saya rasa bisa mengatasi lawan-lawan yang ada. Kami tidak ada ketakutan menghadapi lawan-lawan yang ada. Semua tim pasti berat. Tapi menurut saya Malaysia yang harus lebih diwaspadai. Tim mereka sudah terbentuk sejak lama. Karena sejak piala AFF 2010 lalu mereka sudah mempersiapkan, dan tentu memiliki kekompakan yang sangat baik," ujar Egi. (irb)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016