Liga Kacau, Toni Siap Tinggalkan Exco PSSI

Bek Semarang United Pukul Wasit LPI
Sumber :
  • VIVAnews/ Ayatullah Humaeni

VIVAnews - Anggota Exco PSSI, Toni Apriliani berniat mundur dari jabatannya bila kompetisi tanah air tak kunjung mengalami perbaikan. Toni mengaku kecewa karena Liga Indonesia musim kompetisi 2011-12 justru semakin semrawut.

Liga Indonesia musim ini memang terancam terbagi dua. Pasalnya PSSI ngotot menggelar Indonesia Premier League (IPL) yang sejatinya dihuni oleh 24 tim di bawah pengelolaan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (PT LPIS).

Keputusan ini ditentang berberapa klub yang tergabung dalam kelompok 14. Mereka menuding PSSI telah melanggar amanah dari Kongres PSSI di Bali terkait peserta liga dan pembagian saham perusahaan pengelola kompetisi musim ini.

Kelompok ini akhirnya sepakat untuk bernaung di bawah PT Liga Indonesia. Setelah melakukan RUPS beberapa waktu lalu, klub-klub ini juga berniat untuk kembali menggulirkan Liga Super Indonesia (ISL) mulai Desember mendatang.

"Jika sampai akhir Desember tak ada perubaham dan kompetisi tidak ada perbaikan, saya akan mengajukan surat pengunduran diri," kata Toni dalam perbincangan dengan wartawan di PSSI, Senayan, Senin, 31 Oktober 2011.

"Saya mengira lebih baik dan lebih bisa bersuara di Pengprov PSSI Jawa Barat. Tapi (niat mundur) saya akan koordinasi terlebih dahulu kepada voter saya yang memilih dan mengamanatkan jabatan ini kepada saya," beber Toni.

ISL Bukan Breakaway League

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing

Toni menambahkan kompetisi ISL yang akan digelar oleh PT Liga Indonesia merupakan Liga yang sah. Bukan seperti kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) yang sempat dianggap sebagai breakaway league oleh FIFA awal 2011 lalu.

"14 Klub ini bukan klub palsu dan yang diada-adakan. Mereka masih anggota resmi PSSI dan mereka ikut kompetisi tahun lalu. Mereka punya eksistensi, jadi mereka harus dihargai," kata Toni. 

"PT Liga Indonesia mau dibawa kemana pun (diperdebatkan) tetap sah. Karena itu diputuskan di Kongres terakhir PSSI, yaitu Kongres di Bali," beber Toni.

Lantas, apakah kompetisi ISL akan dapat berjalan?

"Logikanya begini saja, dahulu LPI tidak disetujui PSSI aja bisa berjalan. Apalagi sekarang, klub ISL yang merupakan anggota PSSI dan sudah eksistensi. Saya sebagai Wakil Ketua Kompetisi akan memberikan izin," pungkas Toni. (umi)

Mahaka Kembali Ubah Nama Turnamen Pramusim ISL
Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016