Komite Etik PSSI Gelar Rapat Perdana

Todung Mulya Lubis
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Komisi Etika PSSI menggelar rapat perdana di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 November 2011. Ketuanya, Todung Mulya Lubis berjanji akan menegakkan etika di kalangan pengurus PSSI periode 2011-15.

"Ini rapat pertama Komisi Etika PSSI. Dan ini rapat yang bersejarah karena belum pernah ada Komisi Etik sebelumnya," kata Todung dalam jumpa pers usai rapat.

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing

Menurut Todung, komisi etika saat ini sedang dihadapkan pada tantangan yang sangat berat. Baginya, tantangan yang paling fundamental adalah membangun etika di tubuh PSSI dan persepakbolaan nasional.

"Kami dari komisi etika akan mencoba bersama-sama untuk menegakkan etika di dalam kehidupan persepakbolaan kita. Karena kami tidak ingin carut marut persepakbolaan semakin tidak bisa diselesaikan," beber Todung.

Todung juga mengatakan kalau sepak bola bukan hanya sekedar olahraga biasa. Sebaliknya, Menurut pria yang berprofesi sebagai pengacara itu, sepak bola memegang peran penting di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sepak bola adalah alat pemersatu bangsa. Sepak bola medium untuk membangun bangsa supaya lebih bagus," katanya.

Demi mewujudkan harapan ini, Todung berjanji untuk segera membenahi perangkat-perangkat yang dibutuhkan. Mulai dari aturan main hingga mekanisme protes yang dijadikan dasar memeriksa, mengadili, dan menjatuhkan sanksi.

"Dan kita juga akan mempertimbangkan dengan hati-hati dan fair semua komplain, pengaduan, bukti-bukti dan tentu atas dasar itu kita akan membuat suatu keputusan. Tapi, terlalu prematur bagi kami untuk bicara hal itu saat ini."

"Kami berpacu dengan waktu. Kami juga mau melakukan sesuatu dengan cepat, tapi kita juga tidak mau sembrono. Kami masih mempertimbangkan semua hal. Tapi percayalah bahwa kita akan melakukan langkah cepat," pungkasnya. 

Pada berita sebelumnya, disebutkan anggota Komisi Etik PSSI Anies Baswedan tidak hadir dalam rapat. Rektor Paramadina ini hadir dalam rapat tersebut. "Saya hadir dalam rapat tersebut, namun saya pulang lebih dahulu karena ada penandatanganan MOU dengan ACER yang sudah lama dijadwalkan," kata Anies kepada VIVAnews.

Mahaka Kembali Ubah Nama Turnamen Pramusim ISL

Sesuai SK PSSI bernomor SKEP/26/JAH/IX/2011 tertanggal 21 September 2011, terdapat 17 nama yang menjadi pengurus Komite Etika. Komisi ini yang tergemuk di antara komisi-komis yang dibentuk PSSI kepemimpinan Djohar Arifin Husin.

Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016