Riedl Kembali Sambangi Stadion GBK

Alfred Riedl
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Alfred Riedl kembali terlihat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Rabu, 2 November 2011. Namun kali ini, pelatih asal Austria itu tidak sedang mendampingi tim Merah Putih, melainkan timnas U-23 Laos.

Setelah didepak oleh PSSI awal Juli lalu, Riedl memang memilih kembali menangani timnas Laos. Namun untuk sementara, jabatan pelatih yang sedang berulang tahun ke-61 tersebut adalah sebagai direktur teknik timnas Laos.

Saat mendampingi Laos, Riedl tidak banyak memberi instruksi seperti ketika menangani Tim Merah Putih dulu. Mengenakan kemeja putih, Riedl lebih banyak terlihat berada di pinggir lapangan dan memberi kesempatan kepada pelatih kepala Hans Peter Schaller untuk memberi instruksi kepada timnas Laos.

Riedl saat ditemui usai latihan mengaku senang bisa kembali menyambangi SUGBK. Pasalnya, Riedl tak bisa melupakan antusiasme dan fanatisme suporter Indonesia "Tentu saya sangat bahagia di sini. Banyak suporter di sini," ujarnya.

Bagi Riedl, SUGBK telah menyisakan banyak kenangan. Di stadion kebangaan Indonesia inilah, mantan pemain Austria itu kerap 'berarung' dengan emosinya saat menyaksikan Tim Merah Putih berlaga pada turnamen Piala AFF 2010 lalu.

Saat itu, Indonesia selalu menang saat bertarung di GBK. Antusiasme suporter timnas juga luar biasa. Sayang Riedl gagal membawa Tim Merah Putih juara setelah di partai puncak kalah dari Malaysia dengan agregat 2-4.

Satu-satunya kekalahan Indonesia adalah saat bertandang ke Stadion Bukit Jalil, Malaysia pada leg I final. Duel ini berakhir dengan kemenangan Malaysia, 3-0. Sedangkan di leg II yang digelar di GBK, Indonesia berhasil menang 2-1.

Ditanya mengenai kekuatan timnas U-23, Riedl menilai Indonesia punya peluang besar untuk juara. "Saya cukup mengenal baik mayoritas pemain Indonesia saat ini. Dan saya kira Indonesia punya peluang untuk menjadi juara," katanya.

Lantas bagaimana dengan kekuatan Laos?

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Menurut Riedl, skuad yang ia pimpin juga punya peluang berbuat lebih banyak dalam even bergengsi se-Asia Tenggara ini. Apalagi saat ini Laos diperkuat banyak pemain muda yang memiliki talenta. "Kami (Laos) memang tidak satu grup (dengan Indonesia), tapi semoga kita dapat bertemu di semifinal," pungkas Riedl.

Besok, Rabu, 2 November 2011, Riedl akan kembali berada di pinggir lapangan SUGBK, Senayan, Jakarta, untuk menemani timnas U-23 Laos yang akan bertarung lawan Myanmar pada penyisihan Grup B.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016