Live Antv: Liga Super 2008-2009

Bambang Selamatkan Muka Persija

VIVAnews – Persija Jakarta merebut kemenangan perdana di putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009. Menjamu Persela Lamongan di Satdion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 1 Februari 2009, Macan Kemayoran-julukan Persihan unggul tipis 1-0.

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Setelah sepanjang babak pertama bermain imbang tanpa gol. Persija Jakarta akhirnya berhasil memecah kebuntuan di babak kedua lewat kaki Bambang Pamungkas. Tendangannya di menit ke-50’ gagal dibendung oleh penjaga gawang Persela sekaligus menjadi gol semata wayang yang tercipta pada pertandingan ini.

Berkat kemenangan ini, Persija Jakarta tetap menjaga jarak dengan pimpinan klasemen sementara Persipura Jayapura. Macan Kemayoran kini sudah mengoleksi 38 poin dari 18 pertandingan dan berada di peringkat kedua. Tim ibu kota itu unggul agregat gol dengan Persiwa yang juga mengoleksi poin yang sama.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Pertarungan ini merupakan lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 yang disiarkan langsung Antv. Duel digelar di Utama Stadion Gelora  Bung Karno (SUGBK), Minggu, 1Fabruari 2009 dan disaksukan oleh puluhan ribu supporter tuan rumah The Jakmania. Sedangkan tim tamu didukung oleh hanya sekitar 500 an suporter saja.

Tampil di hadapan puluhan ribu pendukungnya-The Jakmania-, Persija Jakarta membuka babak pertama dengan penampilan yang agresif. Pasukan Danurwindo itu langsung mengepung barisan pertahanan tim tamu Persela Lamongan lewat permainan bola-bola pendek yang cepat.

Erik Ten Hag Bongkar Penyebab Antony Ledek Pemain Converty

Peluang emas sempat diperoleh Bambang Pamungkas saat pertarungan memasuki menit ke-15. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Persela, striker timnas itu mendapat kesempatan untuk melepaskan tembakan dari  dalam kotak penalti.

Sayang  Bambang yang kurang tenang,  gagal memanfaatkannya. Tendangannya masih melayang jauh di atas mistar gawang Persela yang dijaga oleh Choirul Huda.

Persija Jakarta terus meningkatkan serangannya. Sayang pertahanan yang dibuat oleh Persela terlalu tangguh buat barisan penyerang Persija yang dimotori oleh Greg Nwokolo, Robertino, Bambang Pamungkas, dan Fabio Lopes. Akibatnya hingga pertandinga babak pertama selesai, skor tak berubah 0-0.

Memasuki babak kedua, Persija kembali mengurung pertahanan Pesela. Tak tanggung-tanggung, lima menit setelah babak kedua berjalan, Bambang Pamungkas berhasil membayar kegagalannya mencetak gol di babak pertama.

Melalui umpan heading pemain baru Fabio Lopes, Bambang berhasil menyarangkan sebiji gol ke gawang Persela yang dijaga Choirul Huda. Skor pun berubah menjadi 1-0 bagi Persija.

Unggul 1-0 membuat semangat pemain-pemain Persija meningkat. Hasilnya, semenit setelah Bambang mencetak gol, Persija kembali berhasil mengancam gawang tim tamu. Kali ini lewat kaki Fabio striker baru Fabio Lopes memanfaatkan umpan matang di depan gawang Persela.

Sayang, tendangannya masih melenceng ke sisi kiri gawang Persela. Nasib yang sama juga dialami oleh gelandang serang Persija, Robertino Pugliara pada menit ke-54. Tendangan kerasnya masih mampu ditepis oleh Choirul Huda dan hanya berbuah tendangan pojok.

Persija Jakarta Jakarta kembali mendapat peluat di menit ke-63. Kali ini lewat pemain tengah Agus Indra Kurniawan memanfaatkan umpan heading Lopes. Namun tandukan Agus Indra lagi-lagi bola hanya mampu meluncur beberapa cm di sisi kiri gawang Persela.

Persela mulai berani keluar dari sarangnya. Namun kokohnya barisan pertahanan tuan rumah yang digalang oleh duo Kamerun, Pierre Njanka dan Abanda Herman menyulitkan pemain-pemain Persela untuk menembus hingga ke kotak penalti lawan.

Persela mulai mencoba mengoptimalkan tendangan-tendangan jarak jauh dan bola-bola mati. Sayang, skenario  ini juga tak berjalan sempurna.

Persija Jakarta  terus berkosentrasi pada barisan pertahannya. Bahkan pada menit ke-72, Pelatih Persija Jakarta mengganti striker Fabio Lopes dengan gelandang bertahan Ade Suhendar. Di lini depan Persija hanya menyisakan Greg Nwokolo dan Bambang Pamungkas.  Strategi ini terbukiti ampuh. Hingga pertandingan usai, Persija tetap memimpin dengan skor 1-0.   

Sususan Pemain:
Persija Jakarta (4-4-2): Hendro Kartiko; Abanda Herman, Pierre Njanka, Supriono (kk), Danan Puspito, I Wayan Gangga Mudana  (kk)/Ramdani Lestaluhu (86’);  Agus Indra Kurniawan, Robertino Pugliara, Greg Nwokolo ; Fabio Lopes/Ade Suhendar (72;), Bambang Pamungkas
Pelatih : Danurwindo

Persela Lamongan (4-4-2): Choirul Huda; Fabiano, FX Yanuar, Charles Putiray/Jemy Soeparno (59’), Edgar M. Arranda (kk), Alex Robinson/Dikcy Firasat (45), Tomy Rifka (kk); Carlos Raul Sucati/Andik Ardiansyah (77;), Marcio Souza
Pelatih : M Basri

Wasit : Mukhlis Alifatoniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya