PSSI Jatim Gelar Kompetisi Kelompok Umur

Timnas U 19 Lawan SMA Darussalam
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - PSSI Jawa Timur tak mau tinggal diam menghadapi vakumnya agenda pembinaan usia muda PSSI pusat. Rencananya, PSSI Jatim akan menggelar kompetisi Kelompok Umur (KU) 15 dan KU 17 bertajuk Piala Kadin I pada akhir 2011.

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing

"Kami bekerja sama dengan KONI Jatim. Selain itu, event ini nantinya juga untuk pembentukan tim berdasarkan KU yang jadi program periode sekarang,” terang Rosyid Mardani, Sekretaris Panpel KADIN Cup usai manajer meeting, Minggu, 13 November 2011.

Selain itu, terbengkalainya pembinaan kelompok umur oleh PSSI Pusat, mendorong PSSI Jatim melakukan inprovisasi sendiri. Apalagi bukan hanya dua kelompok umur yang diputar.

"Bocoran dari PSSI Pusat, di tahun 2012 akan dibentuk Timnas mulai dari usia 12 sampai 21 tahun,” tambah Kepala Bidang Kompetisi PSSI Jatim tersebut.

Menyusul agenda besar tersebut, PSSI Jatim akan menggelar kompetisi mulai dari KU 10 tahun. "Semua itu akan kita jalankan di tahun 2012. Sedangkan Piala KADIN Cup I kali ini hanya awalan untuk mengisi vakumnya pembinaan KU oleh PSSI pusat,” tambahnya.

Hingga Minggu sore, kompetisi KU 15 diikuti 27 tim. Sedangkan KU 17 yang dulu dikenal dengan Suratin Cup sudah menjaring 30 peserta.

"Kami masih membuka kesempatan bagi peserta yang mendaftarkan diri meskipun kuotanya 32 tim. Kompetisi ini bersifat terbuka. Bisa atas nama klub, SSB ataupun Pengcab,” terang Giri Bayu, Ketua panpel.

Selain memperebutkan trofi dan uang tunai, peserta dua KU KADIN Cup I juga punya kans masuk seleksi nasional. Rencananya, talent scouting SAD akan memilih 10 pemain terbaik di KU 15. Sedangkan untuk KU 17, enam pemain terbaik akan diikutkan seleksi untuk disekolahkan ke Belgia.

Laporan: Adi Yoga | Surabaya

Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016