Persiba Hantam Sriwijaya FC di Laga Keras

Fortune Udo (Persiba/merah)
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Regina Safri

VIVAnews - Tuan rumah Persiba Bantul jinakkan tim kuat Sriwijaya FC dalam laga ujicoba di Stadiun Sultan Agung, Selasa 15 November 2011. Dua gol Laskar Sultan menjinakkan Laskar Wong Kito.

Pemain belakang Persiba, Anwarudin menjadi bintang kemenangan. Ia memborong dua gol kemenangan lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti pada menit ke-78 dan 82. Tendangan bebas diberikan setelah pemain belakang Sriwijaya FC melakukan pelanggaran terhadap pemain depan Persiba.

Pertandingan persahabatan yang dipimpin oleh wasit Heri Purwanto ini memang berjalan keras. Wasit terpaksa mengeluarkan 6 kartu kuning dan 2 kartu merah. Namun, karena pertandingan hanya bersifat persahabatan, maka pemain yang terkena kartu kuning ke luar dari lapangan dan digantikan dengan pemain cadangan lainnya.

Pertandingan pada babak pertama sebenarnya berjalan cukup seimbang. Tim tuan rumah yang dibesut oleh pelatih kepala Bastari bermain menyerang sehingga membuat kerepotan pertahanan Sriwijaya FC yang dikomandoi oleh Nova Arianto.

Permainan menjurus kasar diperagakan oleh pemain Sriwijaya FC untuk menghentikan pergerakan pemain depan Persiba. Alhasil, pada
babak pertama wasit sempat mengeluarkan dua kartu kuning untuk Hilton Moreira dan Arwin (Persiba).

Tanpa didukung beberapa pemain utama yang bergabung dengan Timnas senior di Pra Piala Dunia 2014 dan Timnas SEA Games, Sriwijaya FC tak mampu menyajikan penampilan terbaik. Tapi, penyelesaian tidak sempurna para pemain depan Persiba Bantul membuat kedudukan tetap 0-0 hingga babak pertama selesai.

Pada babak kedua, permainan tetap berlangsung dengan tempo yang sedang. Namun, tekel-tekel keras dilakukan oleh kedua tim untuk menghentikan laju pemain yang coba membuat gol.

Petaka bagi Sriwijaya FC terjadi di menit 70 ketika Bahtiar mendapatkan kartu merah setelah melakukan pelanggaran terhadap pemain Persiba.
Bahtiar keluar dan digantikan dengan Rendi Siregar. Kehilangan Bahtiar membuat pertahanan Sriwijaya FC goyah. Apalagi, pada menit 78
pemain belakang Sriwijaya FC melakukan pelanggaran tak jauh dari kotak penalti. Hukuman tendangan bebas diberikan kepada Persiba.

Eksekusi dari sisi kiri gawang dilakukan oleh Anwarudin dan berhasil menjebol gawang Sriwijaya FC yang dikawal oleh Andi Setiawan. Berselang 5 menit, tepatnya pada menit 82, kembali pemain belakang Sriwijaya FC, Nova Arianto melakukan tekel terhadap pemain depan Persiba tak jauh dari kotak penalti. Nova pun harus mendapatkan kartu merah.

Wasit Heri Purwanto kembali memberikan hadiah tendangan bebas kepada Tim Laskar Sultan Agung. Kembali Anwarudin melakukan eksekusi yang dan menjebol gawang Andi Setiawan. Kedudukan berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Persiba.

Tertinggal 2-0, Sriwijaya FC coba melakukan serangan ke gawang Persiba, namun masih dapat digagalkan. Serangan bergelombang Sriwijaya FC membuat pemain belakang Persiba, Erwin melakukan tekel keras yang berujung kartu merah. Meski Sriiwijaya FC terus menyerang, hingga babak II berakhir kedudukan masih 2-0 untuk kemenangan Persiba.

Pelatih Kepala Persiba, M Basri menyatakan kepuasan terhadap permainan anak asuhnya. “Hasil ini tentunya sangat memuaskan bagi saya dan bagi tim. Anak asuh saya akan punya kepercayaan yang tinggi seusai mengalahkan Sriwijaya FC, meski hanya di laga persahabatan,” paparnya

Pertandingan persahabatan ini juga menjadi alat mengetes sejauh mana komposisi pemain Persiba. "Kalau melihat pertandingan tadi, Persiba setidaknya membutuhkan tambahan dua pemain jadi. Khususnya di posisi striker dan belakang,” tuturnya

Penalti Luiz Junior Bawa Barito Ungguli SFC di Babak I

Laporan: Juna Sanbawa/Bantul

Penyerang Sriwijaya FC, Alberto Goncalves, usai cetak gol

Sriwijaya FC Bantai PS TNI di Jakabaring

Tujuh gol tercipta di laga ini. Alberto Goncalves mencetak empat gol.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016