PSSI Tak Khawatir IPL Kehilangan Pamor

Sihar Sitorus, Ketua Komite Kompetisi PSSI
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - PSSI akan melanjutkan Indonesian Premier League (IPL) 2011-2012 sesuai jadwal. PSSI tidak khawatir kompetisi ini bakal kehilangan pamor dengan kehadiran Liga Super Indonesia (ISL) yang dikelola oleh PT Liga Indonesia.

Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus telah menutup pintu bagi klub-klub yang berlaga di ISL. Menurutnya, PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku pengelola IPL telah mengantongi 17 klub yang bersedia ambil bagian.

"Kepastian jumlah klub yang ikut IPL sampai sekarang sebanyak 17 klub," ujar Sihar, Rabu 23 November 2011.

Sihar mengatakan, hingga batas akhir penyerahan formulir pendaftaran, terdapat tujuh klub yang memilih berlaga di ISL. Masing-masing klub tersebut adalah, Persisam Samarinda, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, Deltras Sidoarjo, Pelita Jaya, Persiwa Wamena, dan PSPS Pekanbaru.

"Semua klub sudah mendapat informasi yang sama soal batas waktu mengembalikan formulir. Jadi memang jika sampai saat ini mereka tidak mendaftar, bisa dikatakan mereka seratus persen tidak ikut IPL," jelas Sihar.

Menurut Sihar, PT LPIS akan mejalankan IPL sesuai kalender yang telah ditetapkan, yakni 26 November 2011. "Jadwal sudah kami keluarkan, kick off pertama sudah kami lakukan. Formulir pendaftaran ulang juga sudah kami terima," katanya.

"Kami tinggal melanjutkan kompetisi di tanggal 26 November itu. Mengenai siapa klub yang akan bertanding, silakan tanya ke LPIS. Mereka yang pegang jadwal," lanjut Sihar.

Mengenai kehadiran ISL, Sihar mengaku tidak khawatir. Anggota Exco PSSI itu juga tidak takut IPL bakal kalah pamor mengingat ISL dihuni tim-tim dengan basis pendukung yang fanatik. Apalagi Persib juga ikut bergabung di sana.
 
"Karena mereka di luar PSSI tentu nantinya tidak bisa kami akomodir. Penonton belum tentu juga ke ISL. Dengan IPL yang berkualitas dan fair play, saya kira masyarakat juga menunggu," kata Sihar.

"Pamor kami tidak akan hilang, tapi justru akan bertambah. Pengalaman PT Liga Indonesia menyelenggarakan liga belum tentu juga yang terbaik," beber Sihar.

Dualisme kompetisi tanah air memang semakin terbuka lebar. Sebelumnya, ISL yang dikelola oleh PT Liga Indonesia juga mengklaim telah mengantongi 18 klub yang bersedia tampil. Beberapa klub besar seperti, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, dan Persib Bandung ikut di dalamnya. ISL rencananya akan bergulir mulai 1 Desember 2011.

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing
Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016