Sihar Tidak Percaya Persib Gabung ISL

Pelatih Persib Bandung Drago Mamic bersama pasukannya di lapangan Siliwangi
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng

VIVAnews - Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus tidak percaya Persib Bandung akan berlaga di Liga Super Indonesia (ISL). Pasalnya, Maung Bandung sudah terdaftar sebagai peserta Indonesian Premier League (IPL) 2011-2012.

Sihar mengaku telah mendengar kabar mengenai bergabungnya Persib dengan ISL yang dikelola oleh PT Liga Indonesia. Meski demikian, Sihar mengaku pihaknya tetap berpegang pada daftar peserta IPL yang telah masuk ke PSSI.

Selain Persib, PSSI juga masih mengklaim Persipura bakal berlaga di IPL. "Persipura sampai detik ini ikut. Persib Bandung, dalam data kami tetap ikut," kata Sihar, Rabu, 23 November 2011.

"Ini berdasarkan data terakhir. Saya memang membaca di koran dan media massa lainnya, ada berita sepertinya mereka akan kesana (ISL). Tapi itu bukan patokan bagi kami. Itu bukan sumber yang kongkret bagi kami," lanjut Sihar.

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing

Sihar menjelaskan, bukti keikutsertaan kedua tim itu di IPL bisa dilihat dari formulir pendaftaran yang masuk ke Liga Primer Indonesia Sportindo (LPIS). Perusahaan ini merupakan pengelola kompetisi IPL yang telah ditunjuk oleh PSSI.

Data-data ini selanjutnya dijadikan PSSI sebagai acuan dalam mengklaim Persipura dan Persib ikut IPL. Padahal Persipura sendiri telah tampil pada turnamen pra musim Inter Island Cup yang dikelola oleh PT Liga Indonesia.

Persib sendiri tidak ikut dalam IIC. Maung Bandung awalnya juga berniat ikut IPL. Namun belakangan, manajamen Persib memutuskan timnya ikut di ISL. Bahkan keputusan ini sudah mendapat dukungan dari pelatih Persib, Drago Mamic.

Mahaka Kembali Ubah Nama Turnamen Pramusim ISL

"Yang pasti, tempo hari klub-klub itu harus mengembalikan pendaftaran, dan mereka sudah melengkapi itu," ujar Sihar.

Tidak Konsisten
Pernyataan PSSI terkait jumlah peserta IPL juga berubah-ubah. Awalnya, berdasarkan data yang dipegang PT LPIS, PSSI mengklaim bahwa IPL akan diikuti oleh 18 klub mengacu pada tim yang telah mengembalikan formulir pendaftaran.

Ke-18 tersebut adalah, Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan, Semen Padang, Persib Bandung, Persija Jakarta (Versi Hadi Basalamah), Persijap Jepara, Persiba Bantul, Persibo Bojonegoro, Persebaya Surabaya, Persema Malang, Arema Indonesia (versi M.Nur), PSM Makassar, Bontang FC, Persidafon Dafonsoro, Persipura Jayapura, Mitra Kukar, Sriwijaya FC, serta Persiwa Wamena.

Namun belakangan, Sihar menyebut Persiwa Wamena tidak masuk dalam IPL, dan kini tinggal menyisakan 17 klub yang bakal mulai melanjutkan kick-off 26 November 2011 mendatang.

"Saya lupa 17 klub itu apa saja. Tapi saya hafal klub yang tidak ikut. Ada Persisam Samarinda, Persiba Balikpapan,Persela Lamongan, Deltras Sidoarjo, Pelita Jaya, Persiwa Wamena, dan PSPS Pekan Baru," kata  Sihar. (sj)

LIGA Ingin 'Bangkitkan' ISL, Bagaimana Nasib Pemain Asing?
Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016