Indonesia Hanya Kebagian Jatah Playoff LCA

Pemain Crezo Osaka, Kurata Shu
Sumber :
  • ANTARA/Bowo Sucipto

VIVAnews - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menetapkan kuota klub yang akan tampil pada Liga Champions Asia (LCA) 2012. Sayang, satu-satunya wakil Indonesia harus berjuang lewat babak play off untuk tampil pada even ini.

Sepanjang 2011 ini, AFC telah mengirimkan tim ke berbagai negara anggota. Tim ini memiliki misi khusus yakni memberi penilaian terhadap kesiapan klub-klub dalam mengikuti standar profesional yang telah ditetapkan oleh AFC.

Hasilnya, seperti dilansir situs resmi AFC, Kamis, 24 November 2011, hanya tiga negara yang memenuhi syarat untuk tampil pada Liga Champions Asia. Masing-masing adalah Jepang, Qatar, dan Uzbekistan.

Lewat diskusi yang intensif pada rapat Exco, Rabu, 23 November lalu, AFC pun menetapkan kuota bagi wakil-wakil tiap negara di LCA 2012. Salah satu pertimbangan Exco dalam mengambil keputusan adalah masukan dari panitia Ad Hoc untuk Sepak Bola Profesional terkait peserta LCA 2011 dan proposal terhadap penyelenggaraan even yang sama musim depan.

AFC juga menyatakan bahwa keputusan ini akan direvisi kembali pada bulan November setelah LCA 2012 usai. Setiap perubahan yang terjadi akan diberlakukan pada LCA dua edisi berikutnya, yakni musim 2013 dan 2014.

Musim lalu Indonesia masih menempatkan satu wakilnya di babak utama LCA, yakni Arema Indonesia. Sedangkan satu wakil lainnya, yakni Sriwijaya FC gagal berjuang lewat jalur play off dan harus puas bermain di AFC Cup 2011-2012.


Berikut Kuota LCA 2012
Zona Barat yang Langsung Lolos
Qatar : 4
Arab Saudi: 3
Uni Emirat Arab: 3
Uzbekistan: 2
Iran : 2

Zona Barat Lewat Playoff
Iran: 2
Arab Saudi: 1
Uni Emirat Arab: 1
Uzbekistan: 1

Zona Timur yang Langsung Lolos
Japan: 4
Korea Selatan: 3
China: 3
Australia: 2
Thailand: 1
Uzbekistan: 1

Zona Timur Lewat Jalur Playoff
Korea Selatan: 1
China: 1
Australia: 1
Thailand: 1
Indonesia: 1

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing
Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016