Limbong: Pemain ISL Boleh Bela Timnas

Calon Ketua Umum PSSI, Bernhard Limbong.
Sumber :
  • VIVAnews/Marco Tampubolon

VIVAnews - Penanggung jawab timnas Indonesia, Bernard Limbong, memastikan pemain-pemain yang berlaga di Indonesia Super League (ISL) boleh membela skuad Garuda.

Seperi diberitakan sebelumnya, dua kompetisi Indonesia akan berjalan sekaligus. Indonesia Premier League (IPL) telah mulai dilanjutkan sejak 26 November lalu, sementara ISL akan dimulai pada 1 Desember 2011.

Polemik mencuat saat Ketum Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, sebelumnya mengatakan pemain yang berlaga di ISL tak boleh membela timnas. Namun, hal ini berbeda dengan pernyataan Limbong. Menurut Limbong, sah-sah saja pemain di luar IPL membela timnas.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Pada prinsipnya siapa pun wajib hukumnya menjadi penggawa timnas. Sekarang ini, di PSSI ada IPL. Kalaupun ada bertanding di luar itu, Insya Allah, kita jamin mereka tetap bisa memperkuat timnas," ujar Limbong saat memberikan keterangan pers di kantor PSSI, Selasa 29 November 2011.

"Karena menurut saya, baik pemain maupun pelatih bukan maunya mereka seperti ini. Mereka hanya menuruti klubnya. Sehingga demikian saya tidak ingin pemain ataupun pelatih jadi korban atas kebijakan klubnya keluar dari IPL," tambah Limbong.

Banyak pemain timnas U-23 dan timnas senior Indonesia yang akan berlaga di ISL. Di timnas U-23, misalnya, dari 20 pemain yang tampil di SEA Games, 13 di antaranya akan bermain di ISL.

"Intinya, PSSI menjamin semua pemain untuk timnas. Namun, seyogyanya kita juga akan sama-sama berjuang karena kebijakan kita seperti itu. Tapi, siapa tahu nanti ada kebijakan lain di AFC maupun FIFA. Tapi, pada prinsipnya PSSI sekuat tenaga menjamin semua pemain mempunyai hak yang sama membela timnas," tutup Limbong.

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016