Persiba Tahan Persipura di Laga Perdana ISL

Boaz Solossa
Sumber :
  • wordpress

VIVAnews - Persipura Jayapura tertahan, 3-3 oleh tamunya, Persiba Balikpapan, pada laga perdana Indonesian Super League (ISL) di stadion Mandala, Jayapura, Papua, Kamis, 1 Desember 2011. Persipura sempat unggul 3-2 hingga 90 menit pertandingan. Namun sayangnya, kubu tamu berhasil menyamakan kedudukan di injury time.

Mengusung formasi menyerang 3-4-3, Persipura langsung menggebrak sejak menit pertama. Namun, Persipura baru berhasil mencetak gol di menit 30 melalui tendangan keras kaki kiri Boaz Solossa dari luar kotak penalti. Bola yang meluncur deras ke pojok kiri gawang tidak dapat terjangkau oleh Made Irawan.

Tiga menit berselang, Persiba berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Rachmat Latief yang gagal diantisipasi kiper Persipura. Kedudukan imbang, 1-1.

Di menit 37, Persipura berpeluang unggul karena mendapat hadiah penalti setelah Boaz Solossa dilanggar di kotak terlarang. Namun, sayangnya, tendangan eksekusi Alberto Goncalvez berhasil ditepis Made Irawan dengan baik.

Alberto akhirnya baru bisa menebus kesalahannya di menit 44. Pemain asal Brasil ini mampu melesakkan bola di antara kawalan pemain lawan. Keunggulan 2-1 untuk Persipura tidak berubah hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Persipura tetap terus melakukan tekanan ke lini pertahanan kubu tamu. Beberapa kali serangan yang digalang trio depan Persipura mengancam pertahanan Persiba. Alih-alih menambah keunggulan, gawang Persipura malah dapat dibobol Persiba di menit 64 lewat sundulan Ahmad Sembiring yang memanfaatkan umpan sepak pojok.

Enggan kehilangan 3 poin  di laga kandang, Persipura terus melakukan serangan gencar. Alhasil, di menit 83, Persipura kembali unggul atas tamunya. Gol tercipta melalui sundulan pemain pengganti, Luka Mandowen yang memanfaatkan umpan sepak pojok. Skor 3-2 untuk keunggulan Persipura

Namun kemenangan Persipura yang sudah di depan mata harus pupus. Pasalnya, Persiba kembali berhasil menyamakan kedudukan saat pertandingan sudah memasuki injury time babak kedua. Kali ini, striker Persiba, Kenji Adachihara yang menjadi aktor kegagalan Persipura meraih poin penuh di laga perdana.

Proses gol tercipta melalui serangan cepat yang digalang oleh skuad Persiba. Kenji yang mendapat umpan jauh, berhasil mengontrol bola dengan baik dan langsung melesakkan bola ke gawang Persipura. Skor 3-3. Hingga akhir laga, skor tidak berubah. Kedua tim pun harus puas berbagi angka satu poin di laga perdana.

Susunan Pemain :

Persipura: Yoo Jae Hoon (GK), Bio Pauline, Yohanes Tjoe, Victor Pae, Ortizan Solossa, Zah Rahan, Gerald Pangkali, Ian Louis Kabes, Boaz Solossa (C), Alberto Gonsalves, Titus Bonay
Cadangan: Ferdiansyah, Daniel Tata, Moses Banggo, Imanuel Padwa, Christian D. Uron, Yustinus Pae, Lukas Mandowen

Persiba Balikpapan: Made Irawan (GK), Syaiful A, Iqbal Samad, Rachnat Latief, Dwi Joko, Supriyadi, Achmad Sembiring, Matsunaga S, Aldo Baretto (C), Kenji Adachihara
Cadangan: Yanuar TF, Hamdi Hamzah, Sutikno, Hery Susilo, Stevanus, Sultan Samma, Eki Nurhakim

Persebaya Tertinggal dari Persiba di Babak I

Persiwa Wamena Taklukkan Gresik United, 4-2

Sementara itu, di laga lainnya, Persiwa Wamena berhasil meraih poin penuh dengan menaklukkan tamunya, Gresik United dengan skor 4-2.  Gol kemenangan Persiwa dicetak oleh Ricardo Robertho (11'), Edison Pieter Romaropeni (29'), Galih Firmansyah (49') dan Erick Weeks Lewis (78'). Sementara dua gol Gresik United dicetak oleh Ponsianus Mayoma di menit 45 dan Cristian Gaston Castano di menit 88.

Persiba Degradasi, Kiper Timnas U-23 Laris Manis Diburu
Pemain Persebaya, Rishadi Fauzi

Comeback Apik Persebaya Lawan Persiba

Persebaya menang 3-1 setelah sempat tertinggal.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2018