Nasib 4 Exco PSSI Ditentukan Pekan Depan

Todung Mulya Lubis
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Kepastian nasib keempat anggota Komite Eksekutif PSSI yang dinilai melanggar kode etik keorganisasian akan ditentukan pekan depan. Ketua Komite Etik PSSI, Todung Mulya Lubis mengatakan, pihaknya akan segera menggelar Sidang Etik PSSI setelah terlebih dahulu mendengar keterangan Ketua Umum, dan Sekjen PSSI.

"Akan kami umumkan pada pekan depan. Kami tidak bisa menunda-nunda proses ini agar publik tidak bingung. Kami tidak ingin kesemrawutan organisasi PSSI ini mengganggu semua pihak dan membuat mereka bertanya-tanya ada apa dengan PSSI," ujar Todung saat dikonfirmasi, Jumat 2 Desember 2011.

Komite Etik PSSI sendiri saat ini tengah mengumpulkan bukti-bukti dan fakta terkait dugaan adanya pelanggaran yang dilakukan empat anggota Komite Eksekutif. Keempat anggota tersebut adalah La Nyalla Mattalitti, Tony Apriliani, Roberto Rouw dan Erwin Dwi Budiman.

Keempat anggota Komite Eksekutif tersebut diduga melakukan pelanggaran etik keorganisasian setelah mengadukan persoalan internal PSSI menyangkut kebijakan kompetisi pada AFC dan FIFA, 14 Oktober lalu. Dalam pengaduan tersebut, keempat anggota Exco melaporkan soal kompetisi yang akan diikuti oleh 24 tim, serta soal pertemuan klub-klub Divisi Utama dan Pengurus Provinsi.

Rencananya Komite Etik akan bertemu dan memeriksa Ketua Umum, dan Sekjen PSSI sore ini guna mengklarifikasi temuan mereka menyangkut kasus tersebut. Setelah memeriksa Dhohar Arifin Husin dan Tri Gustoro, Komite Etik akan melanjutkan kasus tersebut dengan menggelar Sidang Etik secepatnya.

"Kami akan periksa keduanya hari ini. Ini untuk mengkroscek semua informasi yang didapatkan dari pemeriksaan sebelumnya. Jika memang benar ada unsur pelanggaran etika yang dilakukan empat anggota tersebut, tentu akan ada sanksi. Sanksinya nanti tergantung hasil temuan dari kami," ujar Todung. (umi)

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022