'Persipura Batal ke LCA Bukan Karena ISL'

Demo Pendukung Persipura Jayapura
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Anggota Komite Eksekutif PSSI, Robertho Rouw, meminta PSSI segera menjelaskan alasan batalnya Persipura Jayapura berlaga di Liga Champions Asia (LCA) musim ini. Robertho berharap, PSSI menyampaikannya secara gamblang dan tidak menutupi fakta yang sebenarnya terjadi.

Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU

"Yang harus digaris bawahi, PSSI dan ketua umum jangan terus membohongi publik. Jangan membuat pernyataan seolah Persipura dicoret oleh AFC lantaran ikut ISL dan lainnya," kata Robertho di kantor PSSI, Kamis, 8 Desember 2011. 

"Faktanya, Persipura tidak pernah dicoret AFC. Tapi Persipura tidak pernah didaftarkan PSSI. Ketua Umum tidak mendaftarkan yang menjadi hak Persipura sebagai juara ISL musim lalu," sambung Robertho.

Robertho menilai, PSSI telah keliru dalam menyampaikan alasan pencoretan Persipua kepada masyarakat dan warga Papua. Sebab menurutnya, sebagai juara liga musim lalu, Persipura seharusnya mewakili Indonesia di ajang bergengsi itu.

Bomber Tajam MU Waspadai Boaz Solossa

"Apalagi, sebetulnya AFC sebelumnya tidak mempersoalkan status kompetisi yang diikuti Persipura saat ini," kata Robertho.

"Itu juga alasan mengapa AFC menolak usulan PSSI yang menyodorkan Persija maupun Arema untuk menggantikan Persipura di LCA. AFC mengerti aturan. Saya tidak mengerti kenapa kemudian Ketua Umum tidak mendaftarkan. Ini yang harus dijelaskan Ketua Umum," ujar Robertho.

Kecam PSSI

Jelang ISC, Persipura Kehilangan Boaz dan Wanggai

Siang tadi, ratusan pendukung Persipura mendatangi kantor PSSI di Senayan, Jakarta. Mereka mengecam sikap PSSI yang dianggap bertanggung jawab atas terdepaknya Persipura dari LCA 2012.

Sayang, para pendemo tidak berhasil menemui satupun perwakilan PSSI. Kantor PSSI yang berada di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta bahkan digembok sejak pagi hari. 

"Saya tidak tahu mereka semua itu takut atau apa. Mungkin mereka pindah berkantor di Jenggala (kediaman Arifin Panigoro). Soalnya yang saya tahu, tidak ada keputusan yang dihasilkan di kantor ini," kata Robertho kesal.

"Jika ada keputusan, itu pasti diputuskan di Jenggala. Saya sendiri datang ke sini (kantor PSSI) setelah dapat kabar teman-teman pendukung Persipura datang menyampaikan aspirasi. Saya datang untuk terima aspirasi," tutup Robertho. (ren)

Pelatih Bhayangkara FC, Ibnu Grahan (kanan)

Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

BSU kalah lewat gol telat Boaz Solossa.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016