Ferdinan: RD Belum Tergantikan di Timnas

Rahmad Darmawan dan pemain Timnas U-23
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Pelatih Timnas Indonesia Rahmad Darmawan akhirnya memutuskan mengundurkan diri. Pria asal Lampung itu mengajukan surat pengunduran dirinya hari ini, Selasa 13 Desember 2011 siang, kepada pengurus PSSI.

RD--sapaan akrab Rahmad--tidak menyampaikan sendiri surat itu melainkan menitipkan melalui rekannya, Eddy Syahputra, yang juga seorang agen pemain sepakbola.

Menurut Eddy, salah satu alasan pengunduran diri yang ditulis RD dalam suratnya tersebut adalah kegagalannya membawa Timnas U-23 meraih medali emas SEA Games XXVI. Mantan pelatih Persija Jakarta dan Persipura Jayapura itu mengaku kecewa dengan hasil yang didapat Garuda Muda di SEA Games dan merasa tidak pantas untuk tetap menjadi pelatih Timnas.

Mundurnya RD sudah sejak lama digosipkan. Tidak hanya persoalan prestasi, RD juga sempat menyatakan kekecewaannya terhadap keputusan pengurus PSSI yang melarang pemain-pemain Indonesia Super League (ISL) tampil membela Timnas.

Keputusan RD disesalkan banyak pemain Timnas U-23, antara lain Ferdinan Sinaga dan Syamsir Alam. Namun, mereka menyatakan tetap menghormati keputusan mantan pelatih Sriwijaya FC tersebut.

"Saya secara pribadi sebagai pemain menyayangkan mundurnya Beliau. Tapi, kita harus menghargai keputusannya. Saya yakin ini adalah keputusan yang telah dia pikirkan baik-baik," ujar penyerang Semen Padang dan Timnas U-23 Indonesia, Ferdinan Sinaga, kepada VIVAnews.com.

"Saya yakin bukan cuma saya, para pemain lain dan masyarakat Indonesia juga menyayangkan hal ini. Kita butuh sosok pelatih seperti Beliau yang mampu membangun tim dan membentuk karakter pemain dalam waktu singkat," lanjut Ferdinan.

Di ajang SEA Games, RD mengantar Indonesia meraih medali perak. Ini pertama kalinya skuad Garuda masuk final setelah 1997.

"Belum ada yang bisa menggantikan peran dia. Beliau adalah sosok yang bisa membentuk karakter pemain dan tim dengan kecerdikannya," tambah Ferdinan.

Hal senada diutarakan Syamsir Alam. Pemain yang akan memperkuat CS Vise itu percaya RD pasti punya alasan kuat untuk mundur.

"Ini mungkin pilihan terbaik bagi dia. Saya menghormati keputusannya. Saya yakin pasti ada alasannya Beliau mengambil keputusan seperti itu. Yang pasti saya akan selalu dukung RD," dia menegaskan. (kd)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016